Minggu, 16 Desember 2018

Penunggu Goa Liang Kantin

Senin, 17 Desember 2018

Siapa tidak kenal dengan Goa Liang Kantin ? Ya, tempat ini berada di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Letaknya sekitar 3 kilometer dari Kepolisian Sektor (Polsek) Jaro. Terletak di hutan belantara pegunungan Meratus. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Goa Liang Kantin ternyata memiliki misteri yang sampai kini belum tertuntaskan. Warga menduga goa ini dihuni makhluk aneh berwujud naga dan ular-ular besar sebagai pengikutnya. Selain itu juga di tempat tersebut terdapat habitat kelelawar, juga ada stalaktit.

Peristiwa aneh kerapkali terjadi. Seperti yang dialami oleh Anjung (40) dan Ruskin (11) warga Jaro. Dua beranak tersebut menyaksikan kejadian aneh berwujud naga dan suara-suara aneh lainnya.

Seperti biasa pada hari itu Anjung dan anaknya Ruskin pergi berburu ke area Goa Liang Kantin. Pagi-pagi mereka sudah berangkat dari rumah. Dengan membawa perbekalan dan alat untuk berburu. Selain berburu burung mereka juga berburu kijang, ayam hutan, dsb.

Singkat cerita, mereka berada di tempat perburuan. Berada sekitar 10 meter dari mulut goa. Tiba-tiba dari dalam goa terdengar suara berdegum. Muncul asap membubung ke udara. Menyaksikan hal itu Anjung dan Ruskin terkejut. Perasaan tidak-tidak merayapi diri mereka. Aneh memang.

Rasa ingin tahu muncul. Lalu mereka bergerak menuju ke arah goa. Alangkah terkejutnya mereka kala di depan goa ada sesuatu yang bergerak-gerak. Tampak oleh mereka seekor ular sebesar batang pinang yang diduga warga sebagai naga menggelinjang-gelinjang. Tetapi pemandangan itu tak berlangsung lama. Karena kemudian lenyap dengan sendirinya. Menimbulkan kepulan asap yang cukup tebal.

Menyisakan bau yang cukup menyengat. Campur aduk baunya. Kadang bau wangi kembang melati. Bau bangkai binatang. Ternyata Goa Liang Kantin benar-benar memiliki misteri. Banyak lagi yang perlu diungkap. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)