Minggu, 23 Desember 2018

Sesajen dalam Hutan

Senin, 24 Desember 2018

Pergi ke Loksado untuk tugas kuliah. Di tengah hutan Adit dkk menemukan sesajen lengkap. Aneh. Ditengah kesunyian ada sesajen. Ada nasi ketan, telur, wadai, dsb. Sementara sebelumnya Adit menyaksikan keranda jenazah bergerak. Sekitar pukul 11.00 Wita. Tanda akan digunakan.

Hari itu Adit bersama dua temannya ada tugas di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Sebagai mahasiswa mereka akan meneliti kehidupan masyarakat Loksado. Adit dan dua teman wanitanya, Riska dan Nisa. Berjalan menyusuri hutan.

Mereka akan meneliti kontur tanah daerah tersebut. Di tengah tempat yang rimbun. Saat itu mereka mencium bau tak sedap. Lalu mencari asal bau tersebut. Ternyata ada sesajen di dekat sebuah pohon besar. Ada nasi ketan, telur, wadai, dsb. Mungkin baru saja diletakkan disana.

Adit dkk lekas-lekas meninggalkan tempat itu. Sebelumnya Adit, saat berada dekat langgar, tak jauh dari tempat mereka menginap menyaksikan keranda jenazah bergerak sendirinya.

“ Mungkin itu pertanda ada yang meninggal,” ujar tetuha warga setempat kepada Adit. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)