Rabu, 26 Desember 2018

Minyak Tanah Berubah Jadi Air

Kamis, 27 Desember 2018

Asarudin (45) warga Desa Tawia, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dikenal sebagai pedagang eceran minyak tanah.

Beberapa daerah pegunungan di Banua Enam dan Kabupaten Banjar pernah ia datangi. Boleh dibilang seluruh daerah yang cukup terpencil sudah pernah dijangkaunya.

Dari pengalaman berjualan minyak tanah ini, Asar-begitu ia biasa disapa- pernah mengalami kejadian aneh.

Saat berada di daerah Halong, Kabupaten Balangan. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Asar terpaksa menghentikan motornya. Padahal daerah itu cukup sunyi. Tapi karena hujannya lebat sekali ia terpaksa juga berhenti. Daerah itu banyak kebun karet yang sudah tua. Juga jarang rumah penduduk.

Tiba-tiba saat berteduh di sebuah rumah tua. Seperti banyak orang bergerombol. Seperti mau membeli minyak tanah. Padahal hujan begitu lebat.

Setelah transaksi selesai suasana yang tadinya gaduh kembali berubah senyap. Sambil mencoba hitungan perolehan hari itu. Asar terkejut pada tempat ia menyimpan uang terdapat beberapa lembar daun daun kering. Sementara juga beberapa minyak tanah ternyata berubah jadi air.

Asar dibuat kalut atas peristiwa yang barusan dialami. Asarpun tancap gas. Tak ingin lama-lama. Walau menembus hujan dan hutan yang cukup lebat. Asar pulang membawa suasana hati yang campur aduk. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)