Rabu, 26 Desember 2018

Kelakuan Aneh Nenek Tua

Kamis, 27 Desember 2018

Kejadian aneh ini dialami oleh Ilhami Gusmayadi (18) warga sebuah desa di Kecamatan Simpur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), belum lama tadi. Ilham – begitu ia biasa disapa – biasa tidur di rumah neneknya. Mereka tidur di kamar masing-masing. Ilham di kamar depan sedang neneknya di kamar belakang.

Namun Ilham merasa bosan melihat kelakuan neneknya yang akhir-akhir ini berperilaku agak aneh. Hal ini berlangsung setiap harinya. Neneknya selalu mengganggu ketenangan tidur Ilham.
Neneknya selalu ngomong tidak karuan. Hal ini selalu mengganggu pikiran Ilham yang tidur di kamar sebelah. ” Sudah banyak masalah ditambah lagi dengan masalah ini,” pikir Ilham.

Kadang nenek itu memanggil-manggil nama Ilham. Seperti ada yang penting. Akan tetapi setelah didatangi cuma menyuruh Ilham membukakan kelambu karena merasa kepanasan. Hal itu terus berulang tiap hari pada malam hari saat para tetangga sudah tertidur nyenyak. Biasanya terjadi beberapa saat sebelum adzan Shubuh berkumandang.

Menurut Ilham, neneknya seperti diajak atau didorong untuk melakukan sesuatu yang diluar nalar akal pikiran manusia. Seperti ada suruhan. Seakan-akan telah terjadi sesuatu yang gawat. Yang aneh sekaligus membuat Ilham bingung hal itu terjadi berulang-ulang hampir setiap hari menjelang shalat shubuh.

Ilham kerap membentak-bentak tubuh neneknya agar tersadar. Tapi sang nenek selalu berkelit dengan argumennya sendiri yang tak masuk akal. Dipikir-pikir mana mungkin akan terjadi apa yang sedang dikhawatirkannya saat itu. Apalagi suasana di luar rumah masih gelap dan terasa dingin.

Walau tergopoh-gopoh nenek Ilham tetap teguh dengan pendiriannya. Apakah neneknya itu telah dirasuki oleh orang halus.

Alangkah bosannya Ilham melihat tingkah neneknya yang begitu memuakkan. Pernah suatu kali Ilham melihat neneknya seperti menangis karena sesuatu. Tapi kemudian berubah melakukan gerakan-gerakan aneh berikutnya tertawa terbahak. Tentu saja hal itu membuat Ilham bingung. Kenapa neneknya bisa menangis dan tertawa seperti itu ? Menurut nenek Ilham ia seperti ada sesuatu yang mengancam ketenangan jiwanya.

Nenek Ilham juga sangat takut kepada petir. Apabila hujan lebat yang disertai pedir, dia minta kepada Ilham untuk ditemani. Lalu dia nyungsep ke kolong tempat tidur sampai hujan dan pedir reda.

Nenek Ilham tak lagi mengenal siang dan malam. Padahal hidupnya normal-normal saja. Makan seperti biasa. Perilaku seperti itu tentu sangat membingungkan sekaligus merisaukan bagi yang menyaksikannya. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)