Senin, 24 Februari 2014

Tari Menyambut Tamu

Selasa, 25 Februari 2014



Nama : Hinawa Bailang

Pengertian : Tegur sapa dan memberikan perhatian kepada tamu yang bertandang

Jenis : Kreasi baru yang digali dari beberapa unsur kedaerahan

Bentuk : Dikemas dari beberapa gerak tari dasar budaya Banjar, Dayak, dan Melayu dari beragam aspek, lebih dominan dari Dayak Meratus atau Buhan Bukit Pahuluan pegunungan Meratus.

Sinopsis : Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang agropolitan, mandiri, unggul dan religius, memperhatikan dan melayani dengan tulus sepenuh hati akan kehadiran tamunya yang bertandang di wilayahnya. Hinawa Bailang adalah penyambutan tegur sapa awal atau selamat datang atas sebuah kehormatan diilangi (bertamu). Hinawa Bailang (memberikan perhatian dan ungkapan terima kasih atas kehormatan bertamu). Gerak tari ini diramu dari berbagai unsur budaya Melayu, Banjar, dan Dayak Meratus dengan aspek yang menonjol pada budaya pedalaman Bukit Pegunungan Loksado, Babangsai, Bakanjar, Mamutir atau Tandik. Juga disini akan terasa gerak wayang gung, dul muluk, kuntau, dan japin. Demikian juga akan terasa nuansa budaya Melayu yang merupakan perpaduan ragam budaya masyarakat Banjar yang mendiami wilayah bumi Antaluddin.

Pendukung : Sanggar Tari Balatik binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata HSS. Penata tari, nayaga, panambang, penari laki-laki, penari wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...