Kamis, 13 Februari 2014

AWAL KEBANGKITAN DEWAN KESENIAN HSS

JUM'AT,14 FEBRUARI 2014

Setelah sempat mati suri beberapa tahun, akhirnya kepengurusan baru dewan kesenian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), periode 2014-2018 terbentuk. Kali ini, dipercaya sebagi ketua adalah Ir Rusmajaya. Sedangkan wakil ketua terpilih tiga orang, pertama adalah Abdalulddin, Hasan Ausy dan Hardiansyah Asmail.

Untuk sekretaris dipercayakan kepada Muhammad Zakir Maulidi, dan wakil sekretaris, adalah Wildan Rizkan, Hasnan Fauzi. Sedangkan bendahara, dipegang oleh Hj Fahrinadiati dan wakil bendahara 1 Oktaviani SP.d.


Pemilihan kepengurusan ini, melalui Musyawarah seniman (Musen) yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kandangan, samping kantor Dinas Pendidikan Kabupaten HSS pada hari Kamis (13/2) sekira pukul 10.00.

Ketua Panitia Achmad Syarmidin  mengatakan, Musen yang dilaksanakan oleh para seniman ini dibuka oleh wakil bupati Ardiansyah S Hut.  Dijelaskannya, sebelum terpilih kepengurusan yang baru,  terlebih dahulu para seniman melaksanakan musyawarah, yang diikuti oleh para seniman yang ada di Kabupaten HSS. Dalam musyawarah tersebut, para seniman membicarakan berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi kesenian, kepengurusan, serta pelaksanaan program kerja ke depan.

Digelarnya Musen ini, adalah untuk menindaklanjuti dan menampung aspirasi para seniman yang ada di HSS. Selama ini katanya, kesenian yang ada di HSS, bisa terbilang tenggelam. Setelah bergantinya pimpinan daerah, kesenian mulai diperhatikan itu dibuktikan dengan munculnya berbagai kegiatan kesenian yang ada di desa-desa.

“ Program Musen kedepan, adalah untuk menghidupkan semua kesenian yang ada di Kabupaten HSS,” ujar Achmad Syarmidin.

Selain itu, pemerintah daerah juga sudah memiliki komitmen untuk menggalakan lagi dunia kesenian di HSS. Dari alasan-alasan inilah, akhirnya Musen kembai digelar dengan tema memantapkan tekad dan kebersamaan dalam mengangkat harkat bermartabat seni di banua tercinta.

Pensiunan PNS Dinas Pendidikan ini juga mengatakan, bahwa organisasi dewan kesenian bersifat profesi dan kemasyarakatan. Dimana organisasi ini tidak membedakan latar belakang ke ilmuan, keturunan, agama dan kebudayaan dan kepercayaan. “ Musen ini berjalan dengan baik dan dapat memilih pengurus yang baru,” ujar tegas Achmad Syarmidin lagi.***

Sumber : Radar Banjarmasin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...