Kamis, 20 Februari 2014

Lima Siswa MTsN Angkinang Ikut Pelatda Bola Voli

Jum'at, 21 Februari 2014

-->
 Kandangan, MTsN Angkinang - Dalam rangka menjaring bibit-bibit pemain voli di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diadakan pemusatan latihan daerah  untuk pelajar SMP/MTs se HSS. Mereka mengikuti latihan yang sekaligus ajang seleksi itu seminggu sekali setiap hari Selasa sore. Dengan tempat latihan di halaman depan Kantor Dinas Pendidikan HSS Jl. Melati Kandangan.
            Ada sekitar 20-an siswa yang ikut mewakili sekolah masing-masing. Termasuk lima siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang. Mereka adalah Muhammad Ari, Muhammad Anwar, Ilman Maulana, Muhammad Saidi, keempatnya dari Kelas VIII B, serta M. Rizwan Yasir dari Kelas IX D.
Mereka latihan sejak pukul 15.00 s/d 17.30 WITA. Rencanannya mereka akan diseleksi lagi untuk mewakili HSS pada ajang tingkat provinsi. “Mudahan kami dapat terpilih. Hingga bisa membawa nama harum sekolah dan daerah,” ujar Muhammad Anwar.
            Pembina keolahragaan MTsN Angkinang, Akhmad Yamani, mengaku bangga, ada anak didiknya yang terpilih mengikuti latihan daerah cabang bola voli. “ Semoga mereka bisa mengikuti dengan baik dan lulus seleksi,” ujar Yamani.
Selain berlatih teknik permainan voli para peserta diberikan sejarah singkat permainan voli. Menurut seorang pelatih, Abdul Rajak, mengutip buku yang pernah ia baca, permainan ini mulai diperkenalkan tahun 1895 oleh Wiliam G Morgan seorang Pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA), di kota Hoiyoke, Massachusets, Amerika Serikat. Semula hanya untuk memenuhi rekreasi di lapangan tertutup, karena terpengaruh oleh kemajuan olahraga bola basket.
“ Wiliam G Morgan sengaja menciptakan permainan yang dapat memberikan kegembiraan kepada orang banyak, untuk itu ia menciptakan permainan pukul memukul bola di udara hilir mudik melewati jarring yang dibentangkan menegak dan membagi lapangan menjadi dua bagian sama luasnya,” ujar Rajak mengutip buku sejarah itu.
Ditambahkan Rajak, cara tersebut ternyata dapat memberikan kegembiraan. Ini terbukti pada saat dicoba pertama kali dan bola yang dipergunakan adalah bagian dari bola untuk bola basket sehingga tidak menimbulkan rasa sakit bagi pemukulnya. Sedangkan jarring yang digunakan dari olahraga tenis.
“ Nama yang digunakan oleh Wiliam G Morgan pada mulanya adalah Minonette, dan nama Volley Ball diberikan setelah menerima saran dari Dr.A.T Haisted dari springfield. Ia memberikan nama itu setelah melihat dasar yang dipergunakan dalam permainan mignonette adalah mem-volley bola berganti-ganti,” pungkas Rajak. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...