Kamis, 13 Februari 2014

MENULIS ITU MENGENYANGKAN

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2014
Cernil : Baban Sarbana
Saya ingat rekor dunia membuat buku atau novel dicatat oleh Barbara Cartland. Jumlahnya 26 buku dalam satu tahun. Seumur hidupnya sudah menulis 700-an novel. Luar biasa. Bagaimana mungkin, seseorang     bisa menulis demikian banyak ? Sementara disisi lain, banyak juga orang yang kesulitan untuk sekedar menuliskan idenya menjadi alur cerita yang runut, enak dicerna ?
    Hmmm, bagi saya menulis adalah kesenangan yang mengenyangkan. Kenapa, karena rasa lapar saya akan pengetahuan baru terpenuhi dengan menulis. Terus terang saja, begitu menuliskan apa yang ada di kepala, pada saat yang sama, saya terperangah betapa banyak ketidaktahuan saya.Sehingga kelaparan akan keingintahuan menjadi petualangan yang menyenangkan.
    Menulis bukan hanya pekerjaan tangan tapi seluruh tubuh juga ikut bekerja. Otak, punggung, mata, wajah, semua tubuh pokoknya. Mengapa demikian ? Karena menulis bukan sekedar merangkai huruf menjadi kata, menyusunnya menjadi kalimat, merangkainya menjadi alenia dan meletakkannya sebagai sebuah cerita. Menulis adalah menyampaikan gagasan.
    Aka nada periode merinding, ketika memang menulis itu membuat kita sendiri kaget. Kok sampai kepikiran ya ?
    Menulis adalah pekerjaan yang mengenyangkan. Karena kelaparan akan rasa ingin tahu, terpenuhi dengan kemampuan otak mencari, memasangkan informasi satu sama lain sehingga menjadi deskripsi yang mencerahkan. Jadikan menulis sebagai kesenangan sekaligus wisata keingintahuan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)