Jumat, 04 Oktober 2013

SUASANA PESANTREN

SABTU, 5 OKTOBER 2013

Hari yang cerah membuat pikiran terasa tenang dan tenteram. Suasana lingkungan area Pondok Pesantren Al- Ihsaniyah Abul Faidl terasa indah. Apalagi ditambah suara syair lagu shalawat nabi yang begitu merdu. Canda tawa para santri terdengar. Juga suara santri puteri maupun putera saat mengaji dan menafsir kitab. Menjelang pagi pun terdengar sekali.
            Terasa pesantren adalah gudangnya ilmu agama Islam. Tidak salah jika orangtua telah menitipkan putera-puterinya di pesantren. Menjelang sore harinya seluruh santri memang telah dituntut untuk bermain. Tidak ada pelajaran satu pun jika sore telah tiba. Seperti pelajaran ukhrawi, tafsir, dan hadits. Karena kata pemilik Pesantren kepada santrinya, jangan terlalu memberatkan pikiran, refresinglah dengan bermain dan santai.
            Halaman pondok sangat luas. Bila sore seluruh santri putra bermain bola di halaman. Sedangkan santri puteri ada yang melihat. Ada yang bermain voli di halaman asrama putrid. Sedangkan yang telah terjadwal masak ya harus masak.
            Menjelang malam harinya seluruh santriwati dan putera mengaji, dan menafsir kitab. Ada yang mulai pukul 07.00 s/d 09.00 WIB. Ada juga yang mulai jam 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.
            Itulah sedikit cerita atau pengalaman yang bisa saya ceritakan. (Devita Sari, VII A MTsN Angkinang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...