Selasa, 01 Oktober 2013

MENEBAR VIRUS MENULIS DI HULU SUNGAI SELATAN

RABU, 2 OKTOBER 2013



Ada semacam kepuasan batin kala tulisan kita dimuat media massa. Selain itu juga tulisan membuat kita tidak akan lupa akan masa lalu. Dengan menulis pula kita akan banyak teman. Tambah wawasan. Itulah yang saya alami selama ini.
            Sejak kecil saya hobi membaca. Bacaan apa saja saya lahap habis. Waktu SD sayalah(tidak sombong lo…) yang paling sering datang ke perpustakaan sekolah.Biasanya saat istirahat. Semua buku yang menjadi koleksi perpustakaan pernah saya baca. Saking hobi saya dijuluki kutu buku. Muncul kemudian keinginan untuk mencurahkan isi hati lewat tulisan.
            Saat tsanawiyah bakat menulis kian menggebu. Bahasa Indonesia menjadi pelajaran favorit saya. Pernah membaca Majalah Sahabat Pena. Punya keinginan untuk mengirim tulisan ke majalah terbitan PT Pos Indonesia tersebut.
            Saya suka membaca tulisan yang berbau budaya Banjar dan karya sastra. Saya suka mengoleksi kisah Bahasa Banjar Si Palui yang ada di SKH Banjarmasin Post. Yang saya kliping di buku tulis.
            Tulisan saya pertama (lebih tepatnya karya) di Koran adalah pada tahun 1996 di SKH Banjarmasin Post. Yakni sebuah vignet (coretan tangan). Walau tidak dapat duit tapi senangnya minta ampun.
            Saat itu saya masih Aliyah kelas I. Guru-guru dan teman di sekolah pada ribut. Melihat ada karyaku nampang di BPost edisi Minggu. Apalagi ada memuat nama sekolah, nama teman pada karya itu. Tentu bangga luar biasa saya kala itu.
            Seiring perjalanan waktu. Saya terus menulis. Saya dilahirkan di Angkinang, 18 November 1979. Karya saya pernah dipublikasikan di BBC London Siaran Bahasa Indonesia, Radio Australia, RRI Banjarmasin, Media Masyarakat, Gawi Manuntung, Banjarmasin Post, Radar Banjarmasin, Media Kalimantan, Mata Banua, Tabloid Gerbang, Majalah Misteri, Tabloid Bola, dan Tabloid Urbana. Selain dimuat di media cetak bisa ditemukan di media online : kompasiana.com dan blog : sketsahss212.blogspot.com.
            Kegiatan sastra yang pernah diikuti antara lain Aruh Sastra Kalimantan (ASKS) I di Kandangan (2004). Kongres Cerpen Indonesia (KCI) V di Banjarmasin (2007). ASKS IV di Amuntai (2007). ASKS V di Paringin (2008). ASKS VI di Marabahan (2009). ASKS VII di Tanjung (2010). ASKS VIII di Barabai (2011). ASKS IX di Banjarmasin (2012).
            Manfaat menulis memperoleh keberanian, menyehatkan kulit wajah, membantu memecahkan masalah, membantu memperoleh dan mengingat informasi, mengatasi trauma, menjernihkan pikiran. Apa manfaat menulis ? Siapa penulis HSS ? Tujuan menulis ? Jenis tulisan ? Profesi menulis apa saja yang menghasilkan ? Adakah perhatian pemerintah terhadap penulis HSS ? Pengalaman penulis. Penulis idola.
            Walau bukan sarjana. Saya Cuma lulusan Aliyah. Kerja sebagai PTT di Tata Usaha MTsN Angkinang. Pernah bergabung di Tabloid Gerbang tahun 2002.
            Saya suka bacaan sastra. Sering ke perpustakaan umum HSS. Sering jalan-jalan ke tempat wisata di HSS maupun di Kalsel. Lalu hasil perjalanan tersebut ditulis. Rajin ke kantor pos kirim surat maupun yang lainnya. Ikut ASKS. Berteman dengan sastrawan Kalsel. Akrab dengan jurnalis yang bertugas di HSS. Menulis itu menyenangkan.
            Aktif ngeblog di SKETSAHSS212.BLOGSPOT.COM sejak tahun 2008. Hingga kini sudah 500 judul postingan dengan beragam tema. Menulis di KOMPASIANA.COM sejak 14 Maret 2013. Lebih 100 judul artikel / tulisan yang dimuat.
            Harus bela-belain ke warnet. Dengan keterbatasan saya tak memiliki computer sendiri yang koneksi langsung ke internet. Saya tak punya apa-apa di rumah.
            Jadi warnet tempat menyalurkan hobinya. Bila tulisan kelar diketik lalu posting minimal seminggu sekali. Minimal satu jam saya berada di warnet. Satu jam Rp.4000,-
            Jarak tempat tinggal ke warnet cukup jauh juga. Sekitar 8 kilometer setiap kali jalan. Saya naik motor. Enam belas kilometer pulang-pergi demi posting tulisan ke blog. Itulah hobi. Apapun dilakukan.
            Biasanya tulisan saya posting dulu ke blog pribadi : sketsahss212.blogspot.com. Kalau ada yang bagus baru diposting ke kompasiana.com.
            Kalau yang ke kompasiana.com saya utamakan yang berbau HSS. Maksudnya untuk mempromosikan HSS dan Kalsel di tingkat nasional. Kan kompasiana.com diakses orang se Nusantara.
            Saya berharap ada perhatian Pemkab HSS terhadap kami para penulis. Selama ini kami merasa kurang diperhatikan. Padahal punya andil besar dalam memajukan HSS. Tapi tak apalah. Kami berjalan sendiri. Menikmati karya sendiri. Tapi kaimi ingin penulis HSS terus hadir dan bermunculan untuk kemajuan HSS tercinta.
            Saya berharap tulisan saya bisa menginspirasi, berkualitas, dan produktif. Tiada hari tanpa menulis. Menulis sampai mati.
            Menurut teori yang saya peroleh ciri-ciri tulisan yang baik adalah : jujur, jangan coba-coba memalsukan gagasan atau ide anda. Jelas, jangan membingungkan para pembaca. Singkat, jangan memboroskan waktu para pembaca. Usahakan keanekaragaman, panjang kalimat yang beraneka ragam, berkarya dengan penuh kegembiraan.
            Tulisan yang baik mencerminkan kebanggaan sang penulis dalam naskah atau manuskrip. Kesudian mempergunakan ejaan dan tanda baca secara seksama, memeriksa makna kata dan hubungan ketatabahasaan dalam kalimat-kalimat sebelum menyajikannya kepada para pembaca.       
            Penulis yang baik menyadari benar-benar bahwa hal-hal kecil seperti itu dapat member akibat yang kurang baik terhadap karyanya.
            Tulisan yang baik mencerminkan kemampuan sang penulis untuk mengkritik naskah tulisannya yang pertama serta memperbaikinya. Mau dan mampu merevisi naskah pertama merupakan kunci bagi penulisan yang tepat guna atau penulisan selektif.
            Tulisan yang baik mencerminkan kemampuan sang penulis menggunakan nada yang serasi. Tulisan yang baik mencerminkan kemampuan sang penulis menyusun bahan-bahan yang tersedia menjadi suatu keseluruhan yang utuh.
            Tulisan yang baik mencerminkan kemampuan sang penulis. Untuk menulis dengan jelas dan tidak samar-samar, memanfaatkan struktur kalimat. Sehingga maknanya sesuai dengan yang diinginkan oleh sang penulis. Dengan demikian, para pembaca tidak usah payah-payah bergumul memahami makna yang tersurat dan tersirat.
            Tulisan yang baik mencerminkan kemampuan sang penulis untuk menulis secara meyakinkan. Menarik minat para pembaca terhadap pokok pembicaraan serta mendemonstrasikan suatu pengertian yang masuk akal dan cermat teliti mengenai hal itu. Dalam hal ini haruslah dihindari penggunaan kata-kata dan pengulangan frase-frase yang tidak perlu. Setiap kata haruslah menunjang pengertian yang serasi, sesuai dengan yang dinginkan oleh sang penulis.
            Teori lain yang saya dapatkan selama menggeluti dunia tulis-menulis. Belajar membaca sudah dikenal sejak usia SD. Apabila membaca menjadi suatu hobi atau kegemaran tentu akan memberi manfaat yang besar bagi kelangsungan hidup seseorang. Kebiasaan membaca ini akan memperkaya wawasan atau pengetahuan seseorang. Dari hasil membaca akan kita renungkan, kita praktekkan. Dari hasil membaca pula akan muncul ide yang dapat dikembangkan dan dituangkan menjadi sebuah tulisan. Jika anda banyak membaca, banyak ide yang bisa dijadikan sebagai modal untuk menulis. Jadi, antara membaca dan menulis sangat berkaitan erat.
            Menulis memang memerlukan konsentrasi. Menulis bisa dilakukan disembarang tempat asal bisa konsentrasi. Penuangan ide seorang penulis memerlukan waktu sendiri yang tidak boleh diganggu. Apabila terjadi gangguan, ide tersebut tidak bisa tertuang dengan baik, bahkan bisa hilang. Kualitas dan kuantitas bacaan seseorang akan mempengaruhi proses penuangan ide. Penulisan bisa macet gara-gara di otak tidak ada rekaman informasi yang berkualitas. Kualitas bacaan mempengaruhi mutu dan gaya tulisan.
            Menulis memang menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan menulis, kita bisa keluar dari kesumpekan dan merasa puas karena ada sesuatu yang bisa diberikan kepada orang lain. Berbagai jenis tulisan dapat anda karang. Misalnya puisi, cerpen, novel, drama, berita, feature, reportase, opini, kolom, esai, resensi, tajuk rencana, surat pembaca, dan lain-lain.
            Jika tulisan anda bisa dibaca orang lain akan merupakan suatu kepuasan dan kebanggaan tersendiri. Dunia yang mengasyikkan ini akan terbuka bagi anda tanpa harus melalui seleksi. Modalnya cukup kemauan, keberanian, telaten, sabar, dan mau berlatih. Tanpa kemauan yang kuat dan berlatih, kiranya keinginan sebagai penulis hanya mimpi pada siang bolong. Mempelajari tulis-menulis belum tentu bisa menulis. Akan tetapi, harus langsung praktek. Disinilah berlaku learning by doing.

Nama                                       :  AKHMAD HUSAINI
TTL                                         :  Angkinang, 18 November 1979
Alamat                                                : Jl. A. Yani Km.8 Angkinang Selatan RT.1 No.40 Kec. Angkinang Kab. Hulu Sungai Selatan Kalsel 71291

Pendidikan                              : -SDN Angkinang 1 Lulus Tahun 1992
                                                  -MTsN Angkinang Lulus Tahun 1995
                                             -MAN 2 Kandangan Lulus Tahun 1998

Pekerjaan                                 :  PTT Staf Tata Usaha MTsN Angkinang
Organisasi                               : -RIAK (Tahun 2000)
                                -Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Hulu Sungai Selatan (2011)
                                -Blogger Kandangan
                                -Kompasianer HSS
Hobi                                        :Membaca, menulis, ngeblog, travelling
Acara Favorit di Televisi         :OVJ,Indonesiaku, Jejak Petualang
Stasiun Teve Favorit               : Trans 7
Tempat Wisata                        :Loksado
Semboyan Hidup                    :Puaslah dengan jatahmu. Kita tidak bisa nomor satu dalam segala hal
Aktivitas Media                      :-Staf Redaksi Tabloid Gerbang (2003)
                               -Kontributor Metro Banjar (2003)
                               -Koresponden Metro 7 Tanjung (2010)
                               -Tribun News (2009)
                               -Kompasiana (2012)
Kegiatan Seni / Sastra             :-Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) I di Kandangan tahun 2004
                               -Kongres Cerpen Indonesia (KCI) V di Banjarmasin tahun 2007
                               -ASKS IV di Amuntai tahun 2007
                               -ASKS V di Paringin (2008)
                               -ASKS VI di Marabahan (2009)
                               -ASKS VII di Tanjung (2010)
                               -ASKS VIII di Barabai (2011)
                               -ASKS IX di Banjarmasin (2012)
Publikasi Tulisan                     :BBC London Siaran Bahasa Indonesia, Radio Australia, RRI Banjarmasin, Media Masyarakat, Gawi Manuntung, Banjarmasin Post, Radar Banjarmasin, Media Kalimantan, Mata Banua, Tabloid Gerbang, Majalah Misteri, Tabloid Bola, Tabloid Urbana, SKM Metro 7.
Buku                                       :Antologi bersama penyair Kalimantan Selatan, Do’a Pelangi di Tahun Emas (20090, Menyampir Bumi Leluhur (2010), Seloka Bisu Batu Benawa (2011), Sungai Kenangan (2012).
           

Kandangan, 27-09-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)