Kamis, 24 Oktober 2013

Resah

Jum'at, 25 Oktober 2013

Dari surat MQ, 27 April 2006

Ulun handak curhat lawan pian. Mudah-mudahan curhat ulun ini tidak mengganggu pian. Ulun sedih sekali saat ini. Ulun sudah tak tahan merasa sakit hai begini. Ulun setiap hari digosipi oleh teman-teman sekelas. Mereka terang-terangan menggosip ulun dan ulun sangat kesal dan marah sama Ni’mah  karena dialah yang menyuruh buhan Agus agar ulun jangan dihirani. Ulun kada sarik jua kada dihirani. Karena ulun sudah terbiasa di rumah ulun saurangan haja. Amun buhannya kada maharani kada apa-apa jua. Banyaknya ha nang lain kawan.
    Ulun menganggap Ni’mah itu sebagai teman baik. Dan semua teman-teman ulun itu ulun anggap teman dalam belajar tapi mereka bebruat jahat dengan Atul. Sampai-sampai airmata menetes saat ulun teringat kata-kata Ni’mah dan kakawanannya. Betapa pedih rasa hati ini. Seakan hidup ini hampa tiada bergairah lagi untuk maju. Ni’mah nang rahat banar manyakiti hati ulun. Tapi apabila Ni’mah hakun minta maaf ulun dengan senang hati memaafkannya. Amun kada hakun biarlah Atul kecewa dengan ucapan-ucapan itu.
    Tolong jangan dipadahakan ka anu orang-orang. Apalagi kaanu Ni’mah. Kaka berikanlah tips bagi ulun agar selalu sabar dan taat pada Allah SWT.
    Surat rindu buat kaka terchayang. Selama ini Atul menunggu lelaki yang shaleh taat pada orangtua dan taat pada pencipta alam  semesta. Mudah-mudahan engkau mejadi lelaki saleh yang ulun dambakan. Dan menjadi pembimbing hidup ulun dari dunia sampai akhirat. Mudah-mudahan kita diberikan jodoh.
    Ka ! Napa garang belakagan pian selalu badahulu bulik. Apa bila ada urang manyambati ulun anu pian jangan tapi ditaguklah pandirannya dipilih haja jangan diambil nang kada baiknya. Ka ! Nyamanlah wadai ulahan Atul samalam ? Atul saying banar lawan kaka. Kaka pang sayanglah lawan ulun ?
    Kesadaranku  telah  tiba. Aku merenung di tengah malam gelap gulita. Karena listrik padam  kunyalakan lampu m minyak. Dan aku duduk sendiri diatas tilam. Aku berfikir sejenak. Andai kata aku di dalam kubur nanti aku sendiri. Di dalam ruang sempit yang gelap. Siapa yang mau menemaniku. Kecuali amal saleh. Jadi itulah yang membuatku tak mau menduakan cinta. Apalagi cinta pertama. Yang ingin kuhiasi dengan ketulusan dan kesucian.
    Setiap laki-laki yang datang padaku  selalu kutolak dengan secara halus dan penuh arti. Karena aku selalu ingat padamu. Jangan duakan cintaku. Bila kau jaya jangan lupakan Atul ya ?
    Jagalah selalu shalatmu. Jangan sampai ketinggalan. Perbanyaklah amal ibadah dan do’a. Gambar semalam dibawa bulik ka rumahlah sudah ? Jangan ditinggal. Atul sangat saying ama kaka. Ingin rasa hati ini memeluk dan mencium  pian. Tapi Tuhan tahu apa yang dilakukan oleh hambanya.
    Atul akan selalu setia. Walau banyak lelaki menggoda tapi sayang ku hanyalah untukmu seorang. Kak do’ain Atul ya agar naik kelas dan sabar dalam  menghadapi  cobaan. Atul selalu mendoakan  pian agar sukses dalam pekerjaan. Amin.
    Ulun sedih sekali dan tak kuasa menahan sakit hati ini. Tapi Tuhan Maha Tahu apa yang dirasakan oleh hambanya yang lemah ini. Pian bisa nggak menghibur Atul biar bisa ceria seperti biasanya. Makan dan sekolah bergairah kembali. Kawalah ka menggembirakan hati ulun nih ?
    Ka ulun juga tahu kok kalau mahar sebaiknya yang ringan. Tapi ketika Nabi Muhammad SAW nikah / kawin dengan Siti Khadijah maharnya banyak sekali. Kalau soal mahar Atul tidak tahu, tergantung keluarga Atul saja nanti yang memutuskan.
    Berkatalah kakanda kepada adinda. Apakah sebabnya jadi tergoda. Lepaskan adinda dari pertanda. Supaya terhindar dari noda. Berkatalah kakanda lurus dan benar. Itulah senjata penolak onar. Mahal harganya daripada dinar. Namanya harum terang bersinar. Berkata benar suatu sifat. Dapat dipandang dalam ma’rifat. Mulia dari pada gunung Arafat. Selamat hidup sampainya wafat. Tiada agaknya kakanda pikirkan. Untung adinda kakanda lengahkan. Diwaktu sukar kakanda tinggalkan. Sepucuk surat tak dikirimkan. Sehingga ini surat dikarang. Sajak tak kena koma pun kurang. Kalimat dan titik berkacau terang. Sebabnya bukan ahli pengarang.
    Kaka sayang kaina balaslah. Ulun mahadangi balasan dari kaka tersayang.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)