Kamis, 24 Oktober 2013

PERGELARAN LAGU-LAGU BANJAR MELAYU JAMBI DI TAMAN BUDAYA KALSEL

KAMIS, 24 OKTOBER 2013

Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel pada Jum’at (25/10/2013) malam akan  melaksanakan pergelaran Lagu-Lagu Banjar Melayu Jambi di Balairung Tari Taman Budaya Kalsel  Jl.H.Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin.
    “Pergelaran ini gratis kami selenggarakan untuk masyarakat Banjarmasin. Jadi silakan datang dan menikmati pergelaran budaya yang istimewa ini,” tutur Dino Sirajudin, Kepala Taman Budaya Kalsel.
    Menurut Dino, latar belakang terselenggaranya even ini beberapa bulan lalu ada pertemuan Kepala Taman Budaya seluruh Indonesia di Jambi. Saat itu ia melihat ada penampilan seniman-seniman yang membawakan lagu-lagu Banjar hasil ciptaan mereka sendiri namun sudah dipengaruhi budaya Melayu.
    Ditambahkannya, di Jambi itu banyak sekali komunitas masyarakat Banjar yang masih fasih berbahasa Banjar dan menempati peran-peran strategis di perkumpulan kesenian di Jambi.” Setelah saya melihat penampilan mereka rasanya terharu dan bangga bahwa meskipun jauh dari tanah kelahiran, mereka tetap mempertahankan budaya Banjar. Karena itu saya mengundang mereka untuk tampil di Banjarmasin,” ujar Dino Sirajudin.
    Nantinya mereka akan menampilkan lagu-lagu Banjar versi Jambi dengan membawa sekitar 20 personel berikut alat musik khusus dan perlengkapannya. Sedangkan dari Kalsel seperti penyanyi Banjar Emilia Agus dan Suriani. Juga seniman Kalsel lainnya yang dipandu MC Peter F Lantu.
    “ Suasana pergelaran nanti akan kami setting lebih santai karena ini merupakan perjumpaan ramah-tamah dua saudara yang tinggal berjauhan namun masih satu budaya. Dan nanti sekalian akan dilakukan penutupan Kongres Budaya Banjar,” tambahnya.
    Jadi diharapkan masyarakat luas bisa datang dan menyaksikan acara ini untuk mendukung dan melestarikan budaya Banjar.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...