Kamis, 24 Oktober 2013

YUK MENULIS !

JUM'AT, 25 OKTOBER 2013

Menulis bukan merupakan pekerjaan mudah. Namun, bukan berarti merupakan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan. Pada dasarnya kegiatan menulis dapat dilakukan oleh siapa pun yang sudah mengenyam  bangku  pendidikan. Tinggal kita mau mengembangkannya atau tidak, karena dalam menulis dibutuhkan kemauan atau keinginan. Semua jalan akan terasa mudah jika kita memiliki kemauan. Ingat, jangan pernah mengatakan tidak sebelum mencoba dan jangan pernah merasa takut salah. Karena jika hal itu terjadi, Anda tidak akan pernah maju. Anda tidak akan pernah dapat berubah dan menghasilkan karya yang bagus. Jangan pernah menjadikan sebuah kesalahan sebagai penghambat Anda dalam berkarya.
    Ketika Anda memulai menulis, hilangkanlah rasa takut, terutama takut dari kesalahan. Orang yang memiliki keberanian untuk menulis pasti akan cepat memiliki kemampuan untuk menulis. Sedangkan orang yang ragu-ragu untuk memulai menulis, pasti akan lambat memperoleh  pengetahuan.
    “ Menulis dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Ketika sebuah gagasan sudah ada dibenak Anda, cobalah untuk segera menuangkannya kedalam bentuk tulisan. Jangan Anda tunda-tunda lagi karena menunda keinginan untuk segera menulis merupakan salah satu hambatan besar dalam menulis. Selain ide Anda akan berkurang, semangat Anda untuk menulis pun akan mengendur. Oleh karena itu, jika Anda memiliki ide, segeralah tuangkan ke dalam tulisan. Tidak perlu harus di komputer atau mesin ketik. Anda dapat melakukannya dikertas melalui coretan-coretan terlebih dahulu,” ujar Farida Puji P dalam bukunya Panduan Menulis Laporan.
    Menurut Farida Puji P, hal yang jarang terjadi pada penulis pemula adalah begitu menulis langsung jadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu, antara lain factor pengalaman, kemampuan mengelola dan  memaparkan masalah, serta kemampuan dan keterampilan menggunakan bahasa yang masih kurang. Biasanya penulis pemula akan mengalami kesulitan untuk memadukan atau merangkaikan masalah serta menempatkan dan memilih kata yang sesuai.
    Selain itu, banyak penulis pemula yang mengeluhkan  tentang bagaimana dan kapan harus memulai menulis, bagaimana menentukan judul, serta masalah apa yang akan dijadikan tulisan. Beberapa permasalahan tersebut sebenarnya bergantung kepada penulis itu sendiri, karena setiap yang ingin dikerjakan bukan terletak pada masalahnya, melainkan menyikapi masalah  tersebut.
    “ Banyak keuntungan yang dapat diraih dengan menulis. Dengan menulis, Anda dapat mendokumentasikan ide, pemikiran, atau apa saja yang ada dalam pikiran Anda. Apalagi jika tulisan Anda dibukukan kemudian dibaca, diapresiasi, dan dimanfaatkan orang lain, Anda pasti akan merasakan kebanggaan dan kebahagiaan  tersendiri,” kata Farida.
    Melalui tulisan, Anda dapat menyampaikan ide dan gagasan kepada orang lain. Selain itu, Anda dapat mempengaruhi pendapat dan pemikiran orang lain. Kadang, kita dapat lebih mudah  memahami pemikiran seseorang setelah membaca tulisannya.
    Menulis selain mendatangkan kepuasan bathin, juga dapat mendatangkan keuntungan materi. Jika idea tau pemikiran Anda berupa tulisan dimuat di media massa maka Anda akan mendapatkan imbalan. Besarnya imbalan disesuaikan dengan kondisi media, nama penulis, dan kualitas tulisannya. Jika medianya besar, kemungkinan imbalan yang diterima juga besar. Begitu pula jika nama penulis sudah besar maka imbalannya pasti juga besar. Memang untuk menjadi penulis besar tidaklah  mudah. Mereka harus melewati beberapa tahapan dari bawah, diantaranya ketekunan dan semangat pantang menyerah.
“ Jika Anda memiliki ketekunan dan semangat pantang menyerah maka impian Anda untuk menjadi penulis pasti akan terwujud,” pungkas Farida.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...