Kamis, 17 Oktober 2013

BUKU : INDONESIA MENGAJAR

JUM'AT, 18 OKTOBER 2013

udul Buku : Indonesia Mengajar, Kisah Para Pengajar Muda di Pelosok Negeri

Prolog : Anies Baswedan (Ketua Indonesia Mengajar)

Penerbit : Bentang

Cetakan / Tahun : Keenam / Maret 2012

Tebal : 322

Ukuran : 20,5 cm

ISBN : 978-602-8811-57-6


            Pendidikan, masih saja menjadi barang mahal di tanah saudara-saudara kita yang jauh dari pusat. Bangunan yang hampir roboh, fasilitas yang kurang memadai, jarak yang jauh dan terjal, kurangnya tenaga pengajar, dan masalah-masalah lain masih saja terjadi.

            Lalu, bagaimana ceritanya kalau anak-anak muda, generasi penerus bangsa ini bergerak hatinya. Mereka adalah 51 pengajar muda yang terpilih dari 1.383 calon. Mereka rela meninggalkan kenyamanan kota dan jauh dari keluarga untuk mengabdi di pelosok negeri, sebagai guru. Tak sekadar mengajar baca tulis hitung, mereka juga mengajar banyak nilai-nilai kebaikan, pun gentian belajar pada masyarakat asli.

            Buku ini menceritakan kisah para pengajar muda yang ditempatkan dibeberapa pelosok negeri. Kesulitan, kebahagiaan, tangis, dan tawa mewarnai kisah mereka. Buku ini juga menunjukkan seperti apa wajah pendidikan negeri ini. Apa benar ada kebiasaan guru memukul muridnya dengan rotan ? Apa benar guru-guru jarang datang ke sekolah, terutama saat hujan deras ?

            Nikmati seluruh kisah mengharukan di buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...