Kamis, 24 Oktober 2013

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI KANDANGAN

JUM'AT, 25 OKTOBER 2013

Upaya mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan terpilih dalam menciptakan lapangan pekerjaan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM HSS menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pemuda produktif, pelaku usaha menengah kebawah, pelaku usaha industri perdagangan dan ibu-ibu PKK, baru-baru tadi, di Gedung Kesenian Jl. Melati Kandangan.
    Pelatihan kewirausahaan ini dibuka Wakil Bupati HSS H Ardiansyah. Dihadiri Kepala Dinas Perindagkop UKM HSS, Tafriansayh. Hadir pula para nara sumber dari Yayasan Persahabatan Indonesia-Kanada, Achmad Yani.
    Pelatihan diberikan untuk memenuhi visi kepala daerah dan wakil kepala daerah yakni menciptakan lapangan pekerjaan 5.000 pengusaha baru. Pelatihan dibagi tiga tahap dengan masing-masing tahap diikuti 50 peserta. Taha pertama dimulai 17-18 Oktober 2013 diikuti pemuda produkti, pelaku  usaha industry perdagangan dan ibu-ibu PKK.
    Sementara untuk tahap II dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2013 yang pesertanya pelaku usaha menengah ke bawah. Tahap III  pada 21-22 Oktober 2013 pesertanya dari PNS yang akan memasuki masa pensiun.
    Dengan pelatihan ini diharapkan bisa tumbuh pengusaha-pengusaha baru yang berkompeten.
    Wabup HSS H Ardiansyah mengatakan, jumlah angkatan kerja setiap tahun terus bertambah. Peluang untuk memperoleh pekerjaan yang layak semakinsempit. Persiangan dalam memperoleh pekerjaan dan dalam mengembangkan usaha semakin hari kian ketat. Hanya orang yang memiliki semangat tinggi dan keterampilan yang memadai yang mampu bersaing dan mengembangkan potensi dirinya.
    Menurut H Ardiansyah untuk mengubah kondisi tersebut, tentunya kita harus bertekad merubah orientasi ke depan, dari mencari kerja menjadi menciptakan lapangan pekerjaan. Tak hanya para pemuda, para orangtua juga harus berupaya mengubah paradigm atau jalan pikiran lama, yang hanya bangga bila putera-puterinya dapat bekerja dengan memperoleh gaji tetap.
    “ Berwirausaha adalah pekerjaan yang mulia, dan akan lebih mulia lagi bila kegiatan wirausahanya, mampu memberikan pekerjaan bagi orang lain. Dan peluang berwirausaha masih terus terbuka lebar bagi siapapun yang menginginkannya,” pungkas Wabup HSS.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)