Rabu, 23 Oktober 2013

Geger Pembongkaran Makam di Daha Selatan

Kamis, 24 Oktober 2013

Warga Desa Baruh Jaya, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, mendadak geger baru-baru tadi. Tepatnya pada Kamis (17/10/2013). Menyusul adanya pembongkaran  makam di pekuburan setempat.
Makam yang dibongkar yakni makam Irus, warga Baruh Jaya yang meninggal dua bulan lalu. Pembongkaran itu terkesan mendadak sehingga membuat warga sekitar terkejut.
Pembongkaran dilakukan oleh Koni, saudara almarhum yang bermukim di  Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Tiba-tiba, beberapa hari lalu, ia datang ke Baruh Jaya dan langsung membongkar makam Irus.
Menurutk kabar, Koni nekad membongkar makam sang adik untuk menjawab rasa penasarannya. Pasalnya, beberapa hari sebelumnya, Koni bermimpi didatangi oleh sang adik yang minta dikeluarkan dari liang lahat. Mimpi aneh itu diceritakan Koni kepada keluarganya. Lalu ia minta izin untuk membongkar makam Irus.
Menurut penuturan warga Baruh Jaya, Koni memang mendadak datang dan mengatakan akan membongkar makam Irus. Itupun semula tanpa sepengetahuan warga. Tapi informasi itu cepat menyebar. Koni membongkar makam adiknya usai shalat dzuhur sekitar pukul 13.30 WITA. Warga yang mendengar informasi itu langsung berdatangan ke lokasi. Ratusan warga berkerumun disekitar pekuburan umum .
Suasana tegang dan hening pun begitu terasa saat proses pembongkaran  makam berlangsung. Sebagian warga saling bisik. Sebagian besar mereka penasaran, apakah mayat akan hidup lagi.
Rasa penasaran Koni dan warga sekitar akhirnya terjawab. Setelah makam dibongkar, jenazah Irus tetap tergelatak diliang lahatnya. Bahkan, tubuhnya tidak utuh lagi, telah jadi tengkorak. Setelah dibongkar dan melihat tengkorak banyak warga yang spontan berteriak.
Melihat kenyataan ini Koni mengubur kembali jenazah  adiknya. Sementara warga yang ada disana, langsung mendoakan supaya almarhum tenang kembali.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...