Jumat, 25 Oktober 2013

DILARANG DI JAKARTA TOPENG MONYET SERBU HULU SUNGAI SELATAN

SABTU, 26 OKTOBER 2013


 Pertunjukan topeng monyet. (Foto : wikipedia)

Adanya kebijakan  pelarangan topeng monyet beroperasi di Jakarta membuat pelaku kegiatan kalang-kabut. Berbagai cara dilakukan. Salah satu yang dilakukan adalah menyerbu daerah-daerah di luar pulau Jawa, agar mereka tetap eksis melakoni usahanya yang sudah puluhan tahun digeluti. Bahkan  berusaha topeng monyet sudah turun-temurun.

            Seperti yang terlihat di kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, Sabtu (26/10/2013) pagi. Tanda-tanda bakal diserbunya daerah-daerah di luar pulau Jawa mulai terlihat. Seperti di depan Masjid Agung Taqwa menuju arah ke Pasar Kandangan terlihat beberapa kelompok topeng monyet beraksi dengan iringan musik khasnya. Kehadiran topeng monyet ini tentu mendapat beragam tanggapan warga. Padahal sebelumnya jarang topeng monyet beraksi.

            Apakah Bupati HSS punya kebijakan sama andai topeng monyet mulai membanjiri kota Kandangan ? Menurut seorang warga Kandangan, Fitri, ia berharap mulai hadirnya topeng monyet yang diduga pelarian dari Jakarta dapat disikapi dengan bijak oleh pemerintah setempat. “ Saya juga tidak senang kehadiran topeng monyet karena terkesan menyiksa binatang dan bisa menyebarkan virus penyakit,” ujar Fitri.

            Kerapkali pertunjukan topeng monyet banyak menyedot penonton khususnya di perkampungan. Alasannya lucu dan unik. Tidak saja anak-anak orangtua pun menyukainya. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...