Selasa, 17 November 2020

Panen Buah Melon di Kebun PKK HSS

Rabu, 18 November 2020

 




 

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry dan Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad melakukan panen buah bertempat di Kebun PKK HSS, Senin (16/11/2020).

Dikutip dari akun facebook Kominfo HSS, Bupati H Achmad Fikry mengatakan buah melon yang dipanen di Kebun PKK ini menghasilkan buah yang sangat memuaskan.

Menurut H Achmad Fikry, Kebun PKK ternyata sekarang sudah berbuah setelah dua bulan. Jadi setiap tahun Kebun PKK mengadakan lomba kebun, namun di saat pandemi seperti sekarang tidak dilaksanakan tapi kebunnya tetap dipelihara. Kebun PKK ini merupakan kerjasama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan.

Dijelaskan Bupati HSS, ini bisa memberi contoh bahwa penempatan lahan itu penting untuk kepentingan rumah tangga termasuk ada tanaman obat keluarga. Jadi 10 Program Pokok PKK bisa diterapkan sebagian di sini. Di sini kita evaluasi apalagi yang perlu diperbaiki ke depan sehingga ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat yang ingin berkebun.

Lebih lanjut Bupati HSS juga mengatakan bahwa selain ditanami buah melon, di Kebun PKK tersebut juga terdapat tanaman lainnya, yakni pepaya, jagung dan tanaman Toga.

“Memang lahan ini kita manfaatkan dalam situasi pandemi. Harapannya dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten HSS,” ujar H Achmad Fikry.

Selain panen, Bupati HSS juga melakukan tabur benih ikan nila sebanyak 600 ekor benih ikan nila di dua buah kolam bioflok yang siapkan oleh Dinas Perikanan HSS.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS H Muhammad Noor, sebagai salah satu tamu yang hadir pada acara tersebut, juga mengiyakan bahwa memang berbagai macam tanaman sayuran dan buah serta tanaman obat keluarga tumbuh subur di Kebun PKK ini.

“Sejak ditanam, tanaman tersebut dirawat oleh pengurus PKK Kab. HSS dibantu oleh beberapa OPD terkait hingga akhirnya buah-buahan dan sayuran tersebut siap panen,” ujar H Muhammad Noor.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perikanan HSS, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS dan Kepala Dispera KPLH HSS. (ahu)

 

Sumber Berita dan Foto : Akun Facebook Kominfo HSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)