Minggu, 22 November 2020

Bupati HSS Hadiri Syukuran Tanam Padi di Gambah Dalam Barat

Senin, 23 November 2020

 





Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry hadiri syukuran Tanam Padi Organik Sistem Budidaya Padi dan Ternak Itik (Sibpatik) dengan Kelompok Tani Budi Bakti Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, yang dilaksanakan di Gudang Beras Poktan Budi Bakti, Senin (23/11/2020).

Sebelum diadakan syukuran, terlebih dahulu dilakukan pelepasan itik, kemudian peresmian pembangunan embung dan tanda tangan prasasti oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, serta tanam padi yang dilaksanakan bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Dandim 1003 Kandangan Dedy Soehartono, Wakapolres Reinaldo, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor, dan Kasi Perbenihan Perlindungan Pengolahan dan Pemasaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel H Zainul Arifin.

Dikutip dari akun facebook Kominfo HSS, selain syukuran Tanam Padi Organik Sistem Budidaya Padi dan Ternak Itik (Sibpatik), acara juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat organik, pupuk organik cair, pupuk hayati padat, dan pestisida biologi.

Penyerahan Power Thresher diserahkan Bupati HSS kepada Kelompok Tani (Poktan) Danau Desa Amawang Kanan, Poktan Aslan Desa Amawang Kanan, Poktan Suka Maju Desa Pandulangan, Poktan Purnama Karya Desa Tanah Bangkang, dan Poktan Budi Makmur Desa Paring Agung.

Selain itu, juga diserahkan Pupuk Hayati Padat dan Pestisida Biologi kepada Poktan Tunas Harapan Desa Padang Batung. Adapun Pupuk Organik Cair diserahkan oleh Dandim 1003 Kandangan kepada Newang Sakarti Desa Gambah Luar Muka dan Kelompok Tani Harapan Maju.

Dilanjutkan dengan Penyerahan sertifikat organik yang dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel kepada Bupati HSS, kemudian Bupati HSS menyerahkan kepada Kelompok Tani Budi Bakti.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS H Muhammad Noor dalam laporannya menyebutkan, pembangunan embung bersumber dari dana DAK Pertanian, pembangunan embung ini merupakan salah satu inovasi bagaimana menyediakan air pada lahan tadah hujan sehingga diharapkan lahan tersebut dapat melaksanakan tanam dua kali.

Kemudian tanam padi organik dan budidaya itik dalam rangka meningkatkan pendapatan petani dengan cara memaksimalkan lahan yang ada,” ujar H Muhammad Noor.

Bupati HSS H Achmad Fikry menyampaikan pihaknya melepas itik, meresmikan embung, meresmikan sumur bor dan juga mulai menanam padi. “Cukup menarik karena ada embung, ini bisa mengatur tanam. Saya bersyukur di sini ada tanaman padi organik,” ujar Bupati HSS

Dikatakan H Achmad Fikry, Dinas Pertanian Provinsi Kalsel menyerahkan ke pihaknya, lalu Bupati menyerahkan ke Kelompok Tani, artinya sudah diakui bahwa padi tersebut sudah berlabel padi organik.

Bupati HSS berharap semakin banyak memfasilitasi petani, tentu petani akan semakin bisa menjadi lebih baik lagi. Dengan cara-cara inilah pemerintah bisa mendorong petani untuk meningkatkan pendapatan,” ujar Bupati HSS.

Dandim 1003 Kandangan menambahkan tentang pupuk organik cair 1003 ini adalah merupakan wujud sumbangsih dalam rangka membantu pemerintah Kabupaten HSS. Pupuk ini dibuat oleh anggota Danramil Simpur Kapten Abdi Wirawan yang bahannya semua dari bahan organik,” ujar Dandim 1003 Kandangan.

Disebutkan Dandim, pupuk tersebut sudah mendapat sertifikasi dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel dan dari hasil lab itu disampaikan bahwa pupuk ini sangat bagus untuk memelihara kondisi tanahnya. (ahu)

 

Sumber : Akun Facebook Kominfo HSS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)