Rabu, 11 November 2020

Ada Workshop Tari Tapung Tawar di Kandangan

Kamis, 12 November 2020




 

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, secara resmi membuka kegiatan Workshop Tari Tapung Tawar bertempat di Gedung Kesenian Jalan Melati Kandangan, Rabu (11/11/2020) pagi.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Sri Wiyono, menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi para penyuluh seni budaya.

Selain itu juga diharapkan dapat mengimplementasikan dalam memberikan pelatihan tari persembahan Tapung Tawar kepada para siswa dan salah satu upaya. “Bisa menunjang promosi wisata budaya di Kabupaten HSS melalui kekayaan budaya khususnya kesenian tari yang berpijak pada tradisi dan kearifan lokal di masyarakat,” tutur Sri Wiyono.

Dikutip dari akun facebook Kominfo HSS, workshop ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11 s.d 12 November 2020, diikuti sekitar 30 orang, terdiri dari para guru, pengajar seni budaya, atau guru yang memberikan kompetensi bidang seni tradisi SLTP dan SLTA sederajat yang ada di Kabupaten HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Hj Siti Erma, dalam sambutannya sembari membuka secara resmi kegiatan ini begitu mengapresiasi terselenggaranya workshop tersebut.

“Menjelang 9 bulan pandemi COVID-19 banyak berdampak termasuk dalam hal seni dan budaya sangat berdampak pada event-event dan menyediakan panggung untuk mereka yang ingin berkreativitas,” ujar Bupati HSS.

Ditambahkan Bupati HSS, setelah pandemi COVID-19 telah berlalu kita akan kembali menggerakkan aktivitas seni dan budaya termasuk seni tari. Jadi saya berharap dengan adanya kegiatan ini disekolah nantinya bisa menciptakan dan melahirkan bibit-bibit penari baru,” ujar H Achmad Fikry.

Anita Fitriani Sari, seorang peserta Workshop Tari Tapung Tawar berharap Tari Tapung Tawar bisa lebih berkembang lagi di Kalimantan Selatan.

“Semoga dengan adanya kegiatan workshop ini bisa berjalan dengan lancar. Tari Tapung Tawar bisa lebih berkembang lagi di Kalimantan Selatan dan bisa dilestarikan oleh para guru yang ada di Kabupaten HSS,” ujarnya. (ahu)

 

Sumber berita dan foto : Akun facebook Kominfo HSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)