Minggu, 22 November 2020

Ini Dia Kegiatan Gatriwara Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Senin, 23 November 2020

 





 

Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS melakukan pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikelola oleh perempuan, bertempat di Gedung DPRD HSS Lantai II, Jum’at (13/11/2020).

Dikutip dari akun facebook Kominfo HSS, Ketua Gatriwara Kabupaten HSS Lia Noviana Akhmad Fahmi mengatakan semua instansi pemerintah yang ada di HSS serta yang terkait dengannya berkewajiban untuk membina UKM yang ada di HSS termasuk Gatriwara.

“Pembinaan ini adalah salah satu program kerja Gatriwara Kabupaten Hulu Sungai Selatan karena tiap tahun kami selalu ada bersentuhan dengan UKM yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jadi tahun ini kami selenggarakan untuk UKM yang dikelola oleh perempuan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mereka bisa mengembangkan usahanya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS Hendro Martono menyampaikan harapannya agar UKM yang ada di Kabupaten HSS tetap eksis ditengah pandemi Covid-19.

”Kita tentunya mengharapkan agar UKM di Kabupaten HSS agar tetap eksis di tengah pandemi COVID-19 seperti ini. Kemudian kami berpesan kepada para pelaku usaha UKM tadi bahwa sebelum kita masuk kepada strategi pemasaran," ujar Hendro Martono.

Dikatakan Hendro Martono, jika hal yang paling penting dalam suatu usaha adalah kualitas dari produk itu sendiri, sehingga kualitas produk harus dijaga baik dari rasanya, kemasannya, dan juga keunggulan bahannya maupun dari sisi harga.

Kepala Disnakerkop dan UKP juga menjelaskan bahwa pada saat pandemi seperti ini maka memang langkah yang memang bagus untuk pemasaran adalah melalui online. Apalagi dari pelatihan hari ini pesertanya merupakan generasi millenial, generasi yang akrab dengan IT. Jadi berusaha online bukan hal yang baru bagi mereka, dan pihaknya pun memberikan pengawasan secara online.

"Bagi para UKM kita yang kurang akrab dengan IT, ada bantuan dari kami yaitu pendampingan agar para UKM bisa memasarkan produk secara online," jelasnya.

Hendro Martono menyebutkan, bahkan tidak hanya pendampingan, tetapi media berupa ponsel juga diberikan sebagai bantuan. "Kemarin kita melakukan itu ada 24 UKM dari kalangan ibu-ibu," jelasnya.

Rosimah dari UKM Dodol Madu Kasirat Marisa Telaga Bidadari, dirinya sangat bersyukur dengan adanya pembinaan ini karena banyak sekali mendapatkan wawasan.

“Saya sangat bersyukur. Dengan adanya pembinaan ini, menambah wawasan saya dan agar bisa memperbaiki kedepannya tentang pengemasan dan pemasaran," ujar Rosimah. (ahu)

 

Sumber Berita dan Foto : Akun Facebook Kominfo HSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)