Selasa, 10 November 2020

Ini Lima Situs Bahasa Berguna untuk Pelajar, Penulis, dan Kita

 Rabu, 11 November 2020

Jumpa lagi dengan Inspirasiana. Kali ini kita ingin mengetahui situs-situs belajar bahasa Indonesia yang berguna untuk pelajar, penulis, dan kita semua.

Senjata utama seorang pelajar dan penulis adalah penguasaan bahasa. Karena itu sangat penting seorang penulis (juga narablog atau blogger) mengetahui situs-situs yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia. 

Keterampilan berbahasa Indonesia akan membantu kita dalam menulis artikel dan karya di blog warga seperti Kompasiana ini. Oh ya, selamat ulang tahun ke-12, Kompasiana!

1. KBBI Daring

Laman Kamus Besar Bahasa Indonesia daring ini dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Laman ini bertujuan memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia.    

 

Laman daring Kamus Besar Bahasa Indonesia sangat membantu kita untuk menulis kosakata secara benar. Jika kita ragu-ragu mana kata baku, kita bisa mengetik kata yang kita cari di kotak pencarian. Misal, kita ingin mencari kata "rezeki."

Hasil pencarian akan menampilkan ini:

 

Ada beberapa kata tidak baku: rejeki, rizeki, dan rizki. 

Keunggulan KBBI daring adalah bahwa laman ini dimutakhirkan. Pemutakhiran KBBI dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.   Pemutakhiran KBBI terakhir, dilakukan pada bulan April 2020. 

2. Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring

dokpri

Apa itu Tesaurus Daring? Bukan sejenis dinosaurus langka, ya. Hehehe. 

Menurut KBBI V, kata tesaurus berarti: 1) buku referensi berupa daftar kata dengan sinonim dan antonimnya dan 2) buku referensi berupa informasi tentang berbagai perangkat konsep atau istilah dalam pelbagai bidang kehidupan atau pengetahuan.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah menyusun Tesaurus Tematis bahasa Indonesia yang sangat praktis dan mudah digunakan.

Tesaurus ini sangat bermanfaat untuk mencari sinonim, antonim, dan segala hal terkait kata yang kita cari.

Misalnya, pencarian kata "senja" akan menghasilkan:

dokpri

Sinonim kata "senja" antara lain adalah kelam baja, petang, tunggang gunung, dan rembang petang. Aneka persamaan kata ini bisa kita gunakan untuk memperindah puisi dan artikel kita.

Mencari jawaban Teka-Teki Silang pun bisa! Pokoknya Tesaurus Daring ini memang berguna bagi kita semua, apalagi bagi penulis.

3. Senarai Padanan Asing Indonesia

dokpri

Situs yang merupakan bagian dari laman daring Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ini sangat membantu kita dalam mencari padanan kosakata asing dalam bahasa Indonesia.

Kita bisa mencari padanan kata-kata bahasa asing dengan dua cara: melihat daftar istilah dan atau mencari istilah asing. 

dokpri

4. Glosarium 

Glosarium merupakan suatu daftar alfabetis istilah dalam suatu ranah pengetahuan tertentu yang dilengkapi dengan arti istilah-istilah tersebut. 

Pusat Bahasa telah menyusun Glosarium Daring yang bisa kita gunakan untuk mencari padanan kata asing dalam bahasa Indonesia.

dokpri

5. Kamus Sinonim atau Persamaan Makna 

Kamus Sinonim / Persamaan Kata / Thesaurus Bahasa Indonesia ini memuat 20824 lema. Isi (kata dan arti) dalam kamus ini merupakan hasil dari ekstraksi paket kustom distro Linux Kuliax dari repository UGM. 

Ini tampilan situsnya:

dokpri

Sepengetahuan Inspirasiana, seluruh situs di atas bukan situs komersial. Selain situs-situs ini, kiranya ada situs lain yang juga bermanfaat, baik yang nonkomersial maupun komersial. Juga ada aneka aplikasi gratis di ponsel android yang bisa membantu penulis.

Silakan menambah informasi terkait di kolom komentar. Silakan bagikan artikel edukatif ini. Salam literasi!

 

Sumber : Kompasiana (Inspirasiana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)