Kamis, 01 Desember 2016

Pertemuan Koordinasi Penetapan Kesepakatan Menurunkan AKI dan AKB di HSS

Jum'at, 2 Desember 2016




Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka secara resmi Pertemuan Koordinasi dalam rangka Penetapan Kesepakatan (MoU) dengan Stakeholder Terkait mengenai bagaimana menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten HSS, bertempat di Aula Rakat Mupakat Sekretariat Daerah HSS,  Kamis (01/12/2016).

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah A Fikry beserta anggota, Ketua MUI Kabupaten HSS KH Muchyar Dahri, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Gufron, Kepala Dinas Kesehatan HSS  Siti Zainab, Kepala Badan KB Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan HSS Hj Is Susilastuti, Ketua Komisi I DPRD HSS, para Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten HSS.

Bupati HSS berharap adanya dukungan semua pihak untuk mengurangi kematian ibu dan anak di Kabupaten HSS seperti bidan dan sarjana pendamping desa yang sudah sampai ke pedesaan.

“Kalau bisa anak HSS tamat SMA, melahirkan di Puskesdes dan selama proses kehamilan di kawal Posyandu, selain itu, menjelang 66 tahun HSS, derajat kesehatan di HSS bisa lebih baik lagi,” tutur Bupati H Achmad Fikry.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan, Sukamto mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan lintas sektor atas upaya kontribusi yang dilakukan terhadap pembangunan kesehatan.

Dikatakannya bahwa Dinkes Kalsel berkomitmen sekali dengan pembangunan kesehatan khususnya di Kabupaten HSS. “Dimana HSS merupakan salah satu dari lima kabupaten yang ada di Kalsel yang menjadi sasaran upaya penurunan kematian ibu dan bayi,” ujar Sukamto.
 
Sukamto mengungkapkan dalam upaya penurunan kematian ibu dan bayi, dilakukanlah beberapa kegiatan seperti kegiatan kali ini yang merupakan pertemuan ketiga.

“Setelah pertemuan pertama mengundang pihak terkait yang mempunyai kewenangan di desa untuk mengidentifikasi masalah yang dapat meningkatkan AKI dan AKB di Kabupaten HSS,” ujar Sukamto.

Ditambahkan Sukamto dalam pertemuan selanjutnya merumuskan pemecahan masalah, dan akhirnya menjadi kesepakatan antara Camat dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan kegiatan-kegiatan hasil dari identifikasi permasalahan.

“Kegiatan ini mendapat dukungan baik pendanaan, dukungan kebijakan dan sebagainya sehingga bisa bermanfaat untuk Kabupaten HSS,” pungkasnya. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...