Rabu, 28 Desember 2016

Temu Penguatan Kapasitas Anak dan Keluarga di Kandangan

Rabu, 28 Desember 2016





Temu Penguatan Kapasitas Anak dan Keluarga (Tepak) Taman Anak Sejahtera Pelangi Kandangan Tahun 2016, dilaksanakan di Eks Aula Kantor Kecamatan Kandangan, Jumat (23/12/2016).

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten HSS Hj Siti Erma beserta jajaran.

Juga Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Taman Anak Sejahtera Pelangi Gusti Citra Fatmawati, Satuan Bakti Pekerja Sosial Kabupaten HSS, dan para orangtua beserta anak-anak penerima manfaat.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan secara simbolis, kepada anak-anak penerima manfaat oleh Bupati HSS H Achmad Fikry.

Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Taman Anak Sejahtera Pelangi, Gusti Citra Fatmawati menyatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengubah pola pikir orang tua dalam mengasuh anak, membuat orang tua lebih memahami tentang gizi dan kesehatan anak, serta lebih memahami tentang hak-hak dan perlindungan anak.

Ditambahkannya, kegiatan tersebut dibiayai oleh Kementerian Sosial RI melalui Program Kesejahteraan Sosial Anak sejak tahun 2013. “Pada tahun ini kami dipercaya untuk menyalurkan dana bantuan kepada 50 balita penerima yang tersebar di beberapa lokasi di Kabupaten HSS, dimana 1 balita menerima bantuan sebesar Rp 700 ribu untuk 1 tahun,” paparnya.

Dijelaskanya pula, jumlah keseluruhan sebesar Rp 35 juta yang digunakan untuk aksesibilitas akte kelahiran dan pemenuhan kebutuhan dasar anak, yaitu nutrisi untuk anak. “Sasaran dari Program Kesejahteraan Sosial Anak ini yaitu anak di bawah usia 5 tahun, belum mendapatkan pendidikan, belum memiliki akte kelahiran, dan berasal dari keluarga kurang mampu,” tutur Citra Fatmawati.

Bupati HSS H Achmad Fikry pada kesempatan tersebut mengharapkan, bantuan tersebut bisa bermanfaat, serta anak-anak di HSS dapat tumbuh berkembang dengan baik dan sehat. Dirinya juga menghimbau agar orangtua yang memiliki anak balita dibawa ke posyandu. “Hal ini penting agar perkembangan dan pertumbuhan anak bapak ibu lebih terkontrol,” ujarnya.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten HSS juga berharap agar para orangtua dapat mengatur kelahiran anaknya masing-masing serta menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. “Bentuk kasih sayang kepada anak kita juga bisa diartikan dengan menjaga dan merawat anak dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...