Senin, 26 Desember 2016

Mahumbal di Loksado

Selasa, 27 Desember 2016










Sabtu (24/12/2016) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menghadiri acara Festival Mahumbal 1000 Buluh Tahun 2016 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kecamatan Loksado ke 36.



Kegiatan mahumbal ini baru pertama kali diadakan. Mahumbal dalam bahasa daerah masyarakat Loksado yang berarti cara memasak tradisional suku Dayak Meratus di Loksado yang menggunakan batang buluh (bambu), diisi dengan berbagai bahan masakan berupa beras (bukan beras ketan), ikan, ayam potong dan rempah-rempah.



Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata HSS H Ruhaimi Alman, Kepala DPPKAD HSS H Muhammad Noor, Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, Camat Loksado serta warga masyarakat setempat.



Seorang warga Loksado, Syamsudin mengaku adanya kegiatan ini sebagai daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh daerahnya. “Mudahan terus terus rutin digelar dan dilestarikan,” ujar Syamsudin. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...