Selasa, 24 Februari 2015

Menengok Potensi Kecamatan Angkinang

Selasa, 24 Februari 2015


            Nama Kecamatan Angkinang cukup terkenal di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Daerah dataran rendah ini memiliki cukup potensi yang bisa dikembangkan. Kecamatan Angkinang identik dengan kerupuk Bamban, daerah pertanian, Makam Datu Taniran, dsb. Juga sebagai tempat kelahiran tokoh-tokoh penting. Hal ini tentu saja sangat membanggakan.
            Kecamatan Angkinang terdiri beberapa desa yakni Angkinang, Angkinang Selatan, Telaga Sili-Sili, Bakarung, Taniran Kubah, Taniran Selatan, Tawia, Bamban Selatan, dan Bamban Utara. Di Kecamatan Angkinang juga terdapat Sub Terminal Agribisnis Terpadu. Sebagai wadah pasar sayuran yang cukup terkenal di Kabupaten HSS. Disini dijual aneka sayuran. Seperti tomat, kacang panjang, jagung, dsb. Kecamatan Angkinang salah satu tempat yang bisa dilirik untuk perkembangan HSS masa depan.
            Makam Datu Taniran salah satu bukti sejarah Islam di HSS dan Kalsel. Tempat ini kerap dijadikan tempat ziarah. Terletak sekitar 7 kilometer dari Kandangan, ibukota Kabupaten HSS. Merupakan salah satu wisata religius yang cukup populer.
            Potensi lain yang dimiliki Kecamatan Angkinang adalah dibidang perikanan. Kawasan Wawaran salah satunya. Berada dilahan rawa menjadikannya cukup potensial untuk dikembangkan. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...