Senin, 23 Februari 2015

Keceriaan Anak-Anak Muridku

Selasa, 24 Februari 2015





            Kalau lagi tak enak hati saya tinggalkan dulu tugas. Pergi ke belakang. Lihat keceriaan anak-anak murid di madrasah tempat saya bekerja. Kali ini karena berbetulan dengan uji coba UN Kelas IX. Yang hadir ke sekolah adalah Kelas VII. Sementara Kelas VIII libur. Hadirnya berselang-seling. Salah satu kelas yang saya senangi adalah Kelas VII B. Mereka sudah sangat akrab dengan saya. Walau saya bukan guru, cuma staf  Tata Usaha (TU) saja, tapi cukup akrab dengan mereka.
Semenjak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lalu saya sudah mengenal mereka. Karena tugas saya mengurus PPDB dan hal lainnya yang berhubungan dengan kesiswaan. Jadilah sekarang saya cukup kenal dengan mereka. Walau tak mengesampingkan siswa dari kelas lain. Entah kenapa Kelas VII B agak senang menyatu dengan mereka. Tak segan-segan saya berinteraksi. Walau usia saya beda jauh dengan mereka. Tapi saya ingin tak ada jarak. Ada semacam kesenangan berkumpul dengan mereka yang penuh dengan keceriaan. Mereka dianggap sebagai anak sendiri.
Bermacam karakter saya temui. Kalau murid yang laki-laki ada yang nakal, penurut, dan punya sopan santun yang cukup bagus. Begitu pula dengan siswa yang perempuan. Diantaranya adalah Noorul Hikmah, ia salah satu siswa berprestasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Selain prestasi belajar juga prestasi non akademik lainnya. Seperti seni baca Al Quran. Ia kerap ikut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) / Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ). Juga Noorul jago baca puisi. Pernah Juara I Lomba Baca Puisi Antar Pelajar se Kabupaten HSS.
Namun keceriaan terhenti. Mereka harus mengikuti jam pelajaran. Guru pengajar datang. Saya harus keluar kelas. Kembali ke ruang Tata Usaha menulis berita dan menulis yang lainnya. Termasuk menulis hasil pengamatan saya tadi melihat keceriaan anak-anak murid saya di Kelas VII. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)