Kamis, 26 Februari 2015

Pohon Pepaya Tumbuh Subur di MTsN Angkinang

Jum'at, 27 Februari 2015




            Memanfaatkan lahan kosong di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ditanamlah beberapa jenis tanaman. Baik tanaman bunga, sayuran, dan buah. Termasuk diantaranya pepaya atau dalam bahasa Banjar disebut kastila. Ada puluhan batang pohon pepaya yang tumbuh subur. Baik yang masih kecil hingga yang sudah besar. Bahkan diantaranya sudah ada yang berbuah. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan. Tak sia-sia usaha yang dilakukan para guru dan siswa untuk menjaga dan merawatnya.
Pepaya itu biasanya selain untuk dimanfaatkan sebagai sayuran pelengkap masakan untuk yang mentah. Juga bisa dinikmati langsung saat sudah matang. Kadang digunakan pelengkap pembuatan es buah. Keberadaan tanaman pepaya ini cukup memberi manfaat. Selain itu membuat MTsN Angkinang terlihat lebih hijau dan asri. Ini juga dilakukan sebagai upaya melestarikan lingkungan madrasah.
Ratna, S.Pd.I, salah seorang guru di MTsN Angkinang mengaku tumbuh suburnya berbagai tanaman di madrasahnya sangat bagus. “ Suasana segar selalu terjaga dan tercipta setiap hari. Selain itu dari tanaman tersebut biasa diambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Termasuk diantaranya pepaya,” ujar Ratna.
Menurut Ratna, ia paling senang dengan pepaya. “ Apalagi yang sudah matang. Semoga dengan adanya tanaman pepaya di MTsN Angkinang tidak susah lagi mencarinya bila sedang memerlukan,” ujar Ratna. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...