Selasa, 03 Desember 2019

Musibah yang Tak Terhindarkan

Rabu, 4 Desember 2019

Setelah acara penutupan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) VI Tahun 2019 di Pantai Pagatan, Minggu (17/11/2019) pagi sekitar pukul 11.00 WITA rombongan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yang menggunakan armada bus dan sebuah pick-up bergerak pulang lewat arah gunung.

Sekitar beberapa puluh menit perjalanan, tepatnya di kawasan Mekarsari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, kilometer 25, terjadi peristiwa kecelakaan. Seorang pengendara motor datang dari arah berlawanan menyentuh bodi bus yang kami tumpangi.

Pengendara itu terjatuh dengan luka-luka di bagian kaki. Saya tidak kuat melihatnya, pergi menjauh. Teman-teman berusaha menggotong orang itu ke pinggir jalan. Saya lupa bagian mana, tapi dari kejauhan kakinya hancur, hingga ke lutut.

Pengendara itu belakangan diketahui sedang mabuk, bicara sana-sini tak karuan, mengaku sebelumnya sempat minum obat dan alkohol. Rekan-rekan mengontak ambulan untuk membawa ke Rumah Sakit (RS) terdekat. Tak lama kemudian mobil ambulan  datang membawa ke RS.

Sementara kami harus menunggu urusan selesai, tak bisa lari dari tanggung jawab. Pihak Satlantas Polres Tanah Bumbu datang berupa mobil patroli dan dua orang petugas. Lalu bertanya kepada sopir dan saksi yang mengetahui peristiwa tersebut.

Sepeda motor dimasukkan ke bak belakang mobil patroli Satlantas Polres Tanah Bumbu. Kami disuruh mengikuti dan berurusan ke Satlantas Polres Tanan Bumbu. Sebelumnya singgah  ke Rumah Sakit Marina Permata Kecamatan Simpang Empat. Polisi ingin mengetahui keadaan korban.

Sampai saat itu korban masih belum teridentifikasi, tak ada kartu identitas di tubuh korban. Setelah dari RS Marina Permata, bus kami melaju ke arah Batulicin, mengikuti mobil patroli Polres Tanah Bumbu. Menuju ke Satlantas Polres Tanah Bumbu di Jalan Pasar Sabtu Tungkaran Pangeran.

Di sini urusan berlangsung hingga sore hari, setelah rekan-rekan Panitia ASKS XVI bersimpati dengan musibah yang kami alami. Termasuk pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu.

Setelah semua urusan kelar, seluruh anggota rombongan Kabupaten HSS, bersalaman dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu, serta panitia ASKS XVI Tanah Bumbu, kami pulang lewat arah yang sama, melalui jalan gunung.

Sebelumnya saat bus mulai dihidupkan mesinnya, dipimpin Bapak Muhammad Radi dipanjatkan do’a bersama agar diberi keselamatan dan kemudahan selama perjalanan, juga selamat sampai di Kandangan, pulang ke rumah masing-masing, serta dihindarkan dari musibah. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)