Selasa, 10 Desember 2019

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Kandangan

Rabu, 11 Desember 2019






 
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka secara resmi Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Aula Hotel Qianna Inn, Jalan Jenderal Sudirman Kandangan, Rabu (11/12/2019).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS M Arlian Syahrial, melaporkan kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata, peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 100 orang dan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai tanggal 11 s.d 12 Desember 2019. Disampaikan juga pada kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Akademik Pariwisata Nasional Banjarmasin dan Praktisi Content Creator.

Dikatakan pula adanya kegiatan pelatihan ini, dalam rangka menyiapkan Visit Kalsel Tahun 2020 yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dikutip dari akun facebook Kominfo HSS, Bupati HSS H Achmad Fikry menyampaikan, jika ingin menjadikan Kabupaten HSS utamanya Loksado menjadi tempat kunjungan wisatawan maka mulai sekarang mulai dari Bupati sampai pejabat di tingkatan dinas mana pun mulai bicara wisata tidak hanya Dinas Pariwisata sendiri. “Semua kita jadi juru bicara wisata di Hulu Sungai Selatan dan kenalkan Loksado sebagai destinasi wisata yang menarik, “ ujar Bupati HSS H Achmad Fikry.

Bupati HSS menambahkan, Loksado memang sudah di kenal, tetapi yang jadi persoalan apakah sudah siap menjadi tempat tujuan wisata. Menurut Bupati HSS, secara infrastruktur tentu akan mudah namun yang susah adalah sejauh mana kesiapan masyarakat menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Tentu banyak faktor yang perlu disiapkan di antaranya kenyamanan dan keamanan wisatawan saat di Loksado.

Dikatakan Bupati HSS, bagaimana kesiapan masyarakat memberi rasa nyaman kepada para wisatawan, contohnya dengan tidak mengambil kesempatan sesaat kepada wisatawan tetapi lebih memikirkan jangka panjang, bagaimana agar wisatawan bisa datang kembali berkunjung. “Semakin banyak dan sering orang datang tentu akan memberikan dampak yang baik dan memberikan pemasukan bagi kita,” ujar H Achmad Fikry.

Bupati H Achmad Fikry juga mendorong agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa menyiapkan oleh-oleh bagi wisatawan selepas berwisata di Loksado, misal disiapkan kue atau kerupuk khas Hulu Sungai Selatan. Bupati HSS berpesan kepada para pengelola penginapan atau homestay agar menjaga kebersihan khususnya toilet yang sering terlupakan.

Wisatawan tentu akan betah jika semua terasa nyaman dan bersih, beda kalau jorok dan kotor membuat tidak betah dan nyaman. Juga kepada para pelaku usaha khusus para joki lanting untuk menjaga kenyamanan wisatawan, contohnya tidak merokok saat membawa wisatawan karena siapa tahu rokok itu membuat kurang nyaman bagi sebagian wisatawan. (ahu)

Sumber Berita dan Foto : Akun Facebook Kominfo HSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)