Senin, 09 Desember 2019

Ada Karasmin Banua 2019 di Kandangan

Selasa, 10 Desember 2019







Senin (09/12/2019) malam, dilaksanakan pembukaan Karasmin Banua 2019 dan pertunjukan tunggal Sanggar Seni Posko La Bastari Kandangan di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.



Dikutip dari akun facebook Kominfo HSS, pembukaan Karasmin Banua 2019 dilakukan secara resmi oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry. Sebelum pembukaan, Bupati HSS beserta isteri mengunjungi warung kuliner tradisional yang berjualan di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.



Bupati HSS menyampaikan bahwa Gubernur berkata HSS sangat potensial untuk dijadikan Kota Seni dan Budaya setelah Gubernur melihat Tarian Baayun Anak dan ikut terlibat dalam prosesi tarian itu yang dipersembahkan oleh Posko La Bastari pada peringatan Hari Jadi ke – 69 Kabupaten HSS tanggal 2 Desember 2019 lalu.



"Karasmin selama 3 malam ini semoga bisa membangkitkan semangat kita untuk mengenal termasuk permainan yang dulu," ucap Bupati HSS H Achmad Fikry.



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah mengatakan Karasmin Banua 2019 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke - 69 Kabupaten HSS, sekaligus memperkenalkan budaya tradisional yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten HSS.



Rangkaian Karasmin Banua 2019 dilaksanakan dari tanggal 9 s.d 11 Desember 2019 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.



Kegiatannya berupa pelestarian permainan rakyat dengan Lomba Balogo se Kalsel, Lomba Bagasing, Lomba Sipakraga, Lomba Batarik Upih, Lomba Batungkau, dan Lomba Bakiak.



Juga ada pertunjukan tunggal Posko La Bastari Kandangan dengan judul Maurai Parang,
Panggung Budaya Musik Suling Bambu dan Teater Tradisional Wayang Urang,
Panggung Budaya Penampilan Seni Budaya utusan Kecamatan, serta Warung Kuliner Tradisional selama 3 hari.



Acara pembukaan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten HSS, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD Kabupaten HSS, Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Kepala UPT Taman Budaya Provinsi Kalsel, undangan, dan warga masyarakan HSS yang datang menyaksikan acara tersebut. (ahu)

Sumber Berita dan Foto : Facebook Kominfo HSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)