Senin, 21 Oktober 2019

Rama, Jago Kuntau dari MTsN 3 Hulu Sungai Selatan

Selasa, 22 Oktober 2019







Muhammad Rama Hidayat, siswa Kelas IX D MTsN 3 Hulu Sungai Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020

Selasa (2210/2019) pagi saya mewawancarai anak murid bernama Muhammad Rama Hidayat, atau biasa dipanggil Rama. Siswa Kelas IX D Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Hulu Sungai Selatan (HSS) yang lahir di Tawia, 2 Februari 2004 ini berprestasi sebagai Juara III Terbaik Festival Kuntau se Kabupaten HSS Tahun 2019.

Rama tinggal di Desa Tawia, Kecamatan Angkinang. Anak pasangan M Zainal Ilmi dan Sopia Ilpah ini mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten HSS. Rama menggeluti kuntau sekitar dua tahun lalu. Menurut Rama yang membuatnya tertarik dengan kuntau adalah karena menjiwai, dari keturunan sang kakek dari pihak ibunya, yang berasal dari Amuntai.

Rama latihan rutin kuntau malam Sabtu, di Muara Banta, bersama Perguruan Kuntau Purbayaksa, pimpinan Guru Jali. Rama juga melatih kuntau di Tawia, setiap sore Jum’at dan Malam Minggu, di belakang rumah, anak asuhnya sekitar sembilan orang. Baru tahun ini saja Rama ikut Festival Kuntau se HSS.

Rama menyebutkan kuntau di Kabupaten HSS berkat Jasa Datu, gabungan nama-nama guru suhu kuntau, yakni Jamrah, Salum, Aini, Dali, Anci, Tutung, Ujal.  Jamrah dari Bamban. Ada juga dari Sungai Kupang dan daerah lain di Kabupaten HSS.

Perguruan kuntau di Kabupaten HSS yang aktif hingga sekarang adalah Jasa Datu, Purbayaksa, Singa Emas, Hasyim Harimau, Kucing Hitam, Pancar Lima, dll. Istilah yang baru mempelajari dasarnya, yang lama sudah berpengalaman. Diakui Rama, ia menggunakan dana pribadi untuk mengikuti kegiatan lomba. Rama berharap kuntau tetap eksis dan lestari di Kabupaten HSS. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)