Selasa, 18 Maret 2014

Pukau Peserta Rapat K3MTs se Kalsel Dengan Madihin

Selasa, 18 Maret 2014



Pertemuan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Tsanawiyah (K3MTs) se Kalimantan Selatan berlangsung di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Habirau, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Selasa (18/3).
            Kegiatan ini diikuti sekitar 80-an Kepala MTs se Kalsel. Berbagai atraksi kesenian disuguhkan untuk memeriahkan acara tersebut. Salah satunya madihin yang dibawakan Muhammad Zairullah, siswa Kelas VII B MTsN Angkinang.
            Zairullah tampil memukau dihadapan para Kepala MTs, juga pejabat teras Kemenag yang ikut menghadiri acara tersebut. Termasuk para siswa dan guru MTsN Habirau yang jadi tuan rumah.
            Zairullah merupakan Juara I pada Lomba Madihin se HSS tahun 2013 dalam rangka Hari Jadi HSS. Pernah tampil dibeberapa acara. Seperti tampil dihadapan Bupati HSS, H Achmad Fikry, pada HAB Kemenag tahun 2014 di Kantor Kemenag HSS, 3 Januari silam.
            Ini untuk kesekian kali Zairullah membawakan madihin dihadapan khalayak. “ Saya senang bisa tampil kembali membawakan madihin. Apalagi dihadapan para Kepala MTs se Kalsel. Sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional Banjar. Saya berusaha untuk membawa kannya supaya tetap eksis di HSS maupun di Kalsel,” ucap Zairullah.
            Penampilan Zairullah ini mendapat respon yang menyaksikannya. “Salut kepadanya. Masih muda sudah peduli terhadap kesenian tradisional,” ucap Mahdiannor, salah seorang guru yang ikut menyaksikan penampilannya.
Dia berharap pelaku seni seperti ini terus dibina dan dibimbing agar madihin tidak punah seperti kesenian lainnya. “ Mudahan pihak pemerintah kabupaten lewat dinas terkait dapat membina insan-insan seni seperti madihin yang dilakoni Zairullah ini,” ujar Mahdiannor. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...