Kamis, 13 November 2014

Bawakan Madihin di MTsN 2 Gambut

Jum'at, 14 November 2014




            Suasana Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Gambut, Kamis (13/11/2014)  tampak ramai. Madrasah yang terletak di Jalan A Yani Km 15,200 Gambut, Kabupaten Banjar ini sedang mendapat kunjungan silaturrahmi dari MTsN Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).
            Untuk menyambut kedatangan tersebut disajikan beberapa pentas seni yang dibawakan siswa-siswi dari kedua madrasah tersebut. MTsN 2 Gambut menampilkan Sinoman Hadrah, Tari Komando dan Paskibra. Sementara MTsN Angkinang menampilkan kesenian tradisional Madihin.
            Halaman MTsN 2 Gambut tampak penuh sesak oleh siswa untuk menyaksikan penampilan seni tersebut. Apalagi saat Muhammad Zairullah , siswa Kelas VIII D MTsN Angkinang tampil membawakan Madihin. Para siswa MTsN 2 Gambut tampak antusias mendengarkannya. Sesekali mereka tersenyum kala mendengar kata-kata humor dalam bahasa Banjar yang disampaikan Muhammad Zairullah.
Zairulah, begitu siswa ini biasa disapa, mengaku agak deg-degan saat tampil dihadapan ratusan siswa MTsN 2 Gambut. “Ini pengalaman pertama saya tampil diluar Kabupaten HSS. Apalagi tanpa persiapan lebih dahulu. Namun karena disuruh tampil, saya membawakan materi madihin yang sudah dikuasai sebelumnya,” ujar Zairullah, yang juga Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN Angkinang.
            Andi Ramadhani, siswa Kelas VIII E MTsN 2 Gambut, mengaku cukup senang menyaksikan madihin yang dibawakan siswa MTsN Angkinang tersebut. “Saya senang dengan kesenian Banjar yang satu ini. Ternyata bagus juga. Saya acungi jempol karena masih ada siswa yang peduli dengan seni tradisional Banjar. Semoga madihin tetap lestari,” ujar Andi Ramadhani. (akhmad husaini)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...