Kamis, 20 November 2014

Memperpanjang SIM C di Polres HSS

Jum'at, 21 November 2014


            Saya tidak ke tempat kerja  hari Senin (17/11/2014). Karena ada rencana ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) C ke Kantor Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS). Untuk itu sebelumnya sebagai persyaratan saya ke Puskesmas Angkinang membuat KIR Dokter. Hampir sejam berada disana karena menunggu dokter yang menandatangani KIR tersebut.
            Seetalah itu saya berangkat menuju Kandangan. Singgah sebentar memfotocopy SIM C lama, KIR Dokter, dan KTP di kios Bapak Marjono. Disana ada Erviana, alumni MTsN Angkinang, orang Pakuan. Dia jadi karyawan disana.
            Usai memfotocopy saya terus ke Kandangan. Kekhawatiran sempat muncul. Karena saya belum pernah berurusan ke Polres HSS. Sebelumnya saat membuat SIM C  lima tahun silam dibantu teman. Tapi saya terus melenggang kangkung. Apapun yang terjadi nantinya.
            Saya menyerahkan KIR Dokter, fotocopy KTP dan SIM C lama. Mendapat map berisi berkas. Lalu saya keluar ruang. Ternyata ada isian. Saya tak membawa pulpen. Sehingga lama menunggu. Tiba-tiba ada Sapardi anggota Polres HSS. Dia membantu saya mengurus. Saya masuk kembali ke ruang pembuatan SIM. Sementara Sapardi mengurus biaya dan mengantar berkas ke ruang khusus.
            Pian hadangi haja. Kaina ada patugas mamanggil ngaran pian,” ujar Sapardi sembari ke luar ruang.
            Lalu saya duduk di kursi yang lowong. Ruangan penuh sesak dengan orang yang mungkin sama tujuan dengan saya. Ada tiga ruang dalam pengurusan SIM ini. Hampir sejam menunggu kemudian saya mendengar ada nama saya dipanggil. Saya lantas masuk ke ruang tersebut. Petugas menyerahkan map hijau. Disiruh ke ruang sebelah yang mengurus pemotretan dan sidik jari.
            Lalu saya mengantar ke ruang tersebut. Setelah itu saya balik lagi ketempat duduk. Karena didalanm sudah antri yang lain untuk menjalani proses pemotretan. Hampir puluhan menit menunggu saya dipanggil masuk. Pemotretan dimuali. Sebelumnya pemindaian sidik jari. Setelah itu saya keluar. Untuk menyerahkan map. Ke ruang sebelumnya. Menunggu lagi. Sampai kemudian SIM C saya selesai.
            Ada sekitar tiga jam saya berada di Polres HSS untuk proses perpanjangan SIM C kali ini. Namun saya tambah pengalaman dan wawasan.  Lima tahun kemudian saya akan datang lagi berurusan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...