Kamis, 20 November 2014

Guru Hatta Mengulas Tawakkal di MTsN Angkinang

Jum'at, 21 November 2014




            Ustadz H Muhammad Hatta dari Taniran Kubah menyampaikan tausyiah bulanan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis (20/11/2014) siang. Tausyiah ini diikuti para Dewan Guru dan Karyawan / wati Tata Usaha.
            Dalam kesempatan tersebut Ustadz H Muhammad Hatta mengulas tentang Tawakkal. “ Tawakkal berasal dari Bahasa Arab at tawakul yang di bentuk dari kata wakala, artinya menyerahkan, mempercayai, atau mewakilkan, bersandar kepada dinding. Jadi pengertian tawakkal secara istilah adalah rasa pasrah hamba kepada Allah SWT yang di sertai dengan segala daya dan upaya mematuhi, setia dan menunaikan segala perintah-Nya,” ungkap Guru Hatta, begitu beliau disapa.
Menurut Guru Hatta, orang yang mempunyai  sikap tawakkal akan senantiasa bersyukur jika mendapatkan suatu keberhasilan dari usahanya. “ Hal ini karena ia menyadari bahwa keberhasilan itu didapatkan atas izin dan kehendak Allah. Sementara itu, jika mengalami kegagalan orang yang mempunyai sifat tawakkal akan senantiasa merasa ikhlas menerima keadaan tersebut tanpa merasa putus asa dan larut dalam kesedihan karena ia menyadari bahwa segala keputusan Allah pastilah terbaik,” tutur Guru Hatta.
            Maulia Ulfah, S.Pd, salah seorang guru MTsN Angkinang, mengaku materi yang disampaikan Guru Hatta dalam kegiatan tausyiah bulanan ini cukup bagus dan menarik. “Apa yang disampaikan oleh Guru Hatta sangat bagus. Khususnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Maulia Ulfah.
            Menurut guru mata pelajaran IPA ini, kegiatan tausyiah bulanan di MTsN Angkinang tak pernah disia-siakan untuk terus diikuti. “Selalu rutin saya ikuti untuk bekal kebaikan baik di dunia maupun akhirat,” ujar Maulia Ulfah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...