Rabu, 25 September 2013

KTAH 25

RABU, 25 SEPTEMBER 2013


FAKTA KEHIDUPAN
Putri Annisa Febrianti

1. Jangan acuhkan yang kamu dengar, karena mungkin saja itu akan sangat berguna. Patuhi yang menjadi pantangan demi kesehatan kamu.
2. Jangan terlena. Lihat dan gali lebih dalam sebelum akhirnya memutuskan untuk menanamkan hati dan perasaan.
3. Lakukan beberapa cara untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Tetap pada energi baik dengan melakukan hal-hal baru.
4. Jangan terkejut jika beberapa hal tidak sesuai harapan. Tangani dengan baik. Hindari yang berhubungan dengan urusan cinta.
5. Jika kamu sedang penuh dengan ide menyenangkan, ceritakan pada dunia. Nikmati energi positif yang ada, mungkin akan membantu untuk tetap stabil dihari-hari berikutnya.
6. Jalan keluarnya sebenarnya ada di depan mata. Tapi memang kebiasaan kamu dan pasangan yang membuat segala sesuatunya menjadi begitu rumit dan tidak berujung.
7. Sepertinya kamu harus mementingkan diri sendiri. Selama ini, kamu terlalu acuh dengan diri sendiri. Ini tidak bagus.
8. Berbagi pandangan tentang masa depan dengan pasangan. Mungkin ada pandangan yang sama.
9. Kamu akan banyak terlibat dengan hal-hal yang tak terduga, manfaatkan kesempatan itu. Segera mulai pekerjaan yang sebelumnya sempat tertunda.
10. Terbukalah dengan segala kemungkinan yang akan hadir dalam hidup kamu, terutama urusan cinta. Apapun bisa terjadi.
11. Kerjakan pekerjaan dengan teliti dan hindari stress. Jangan ragu untuk bertanya setiap saat. Ide yang kamu miliki mungkin akan berguna.
12. Bicara dan berbagilah energi untuk sekitar kamu. Mungkin pasangan kamu juga membutuhkan hal tersebut ditengah-tengah harinya yang melelahkan.


       

FAKTA KEHIDUPAN
Rahmaliana Abadiah


1. Beberapa bujukan akan sangat merepotkan. Tetap bijak menghadapinya. Pikiran dan diri kamu tidak sedang terhubung.
2. Biarkan pasangan kamu menang dalam sebuah perdebatan.
3. Perjelas visi. Ada baiknya menyampaikan rencana kamu pada teman se kelas. Saatnya mengeluarkan semua isi otak.
4. Kamu sedang sibuk mengejar mimpi. Ceritakan semua mimpi kamu pada pasangan.
5. Segera ambil keputusan ketika ada melihat peluang. Pikiran kamu memang sedang sangat positif.
6. Sisi petualangan kamu memang sedang dominan. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk meluapkannya.
7. Ketika kamu menjadi sangat objektif, logis dan berkeinginan untuk berkembang, ada saja pihak yang merasa kamu kurang peka.
8. Kamu mungkin memang sedang tergila-gila dengan pasanganmu. Namun ini tidak serta-merta menjadi alasan kamu menjauh dari teman.
9. Mulailah berani bermimpi. Akan ada waktu untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukan selama ini.
10. Cobalah mendengarkan pendapat pasangan. Mungkin pasangan kamu memiliki pemikiran sama, namun cara penyampaiannya saja yang berbeda.
11. Keluarkan semua ide dan segala pemikiran brilian kamu. Aka ada beberapa penundaan. Ini memang tidak menyenangkan.
12. Tidak perlu menceritakan segala hal pada sahabat atau teman sekelas. Ini justru akan membuat pasangan tidak nyaman.





BANJIR LANDA KANDANGAN

Setelah hujan lebat mengguyur semalaman sungai Amandit meluap. Puncaknya Kamis (31/01/2013) kawasan rendah di kota Kandangan terendam.

Jalan tergenang seperti di Pandai, Kandangan Barat, Kecamatan Kandangan. Luapan banjir jadi arena bermain. “ Kolam renang umum gratis,” ujar satu warga.

Sementara jalan rumbih tak jauh dari Perumahan Kalian Asri putus. Tak bisa dilewati karena digenangi air setinggi 5 meter.

Daerah lain yang juga digenangi air adalah kawasan Taluk Aman dan Sungai Kupang. Sementara di bagian tengah Jembatan 3 Desember banyak sampah berupa ranting kayu yang datang dari hulu tersangkut.

Momen banjir malah dimanfaatkan warga untuk bermain. Sebelumnya saya ikut iring-iringan buhan Bhalink-Bhalink Rescue mereka lewat Jembatan Merah ke Padang Batung belok ke Durian Rabung. Ternyata mereka singgah di rumah seorang warga. Saya terus. Tepat di plang perusahaan Bata Jepang saya singgah foto-foto sebentar lalu balik haluan kembali ke Kandangan.
Kandangan, 31-01-2013



SALAH KIRIM

    Saya jadi malu sendiri. Salah kirim SMS. Rencana mau mengirim SMS ke Ibu Novi. Saat itu berada di depan rumahnya.
    “ Ulun ada dimuka rumah,’ isi SMS saya. Karena saya mau mengajari Ibu Novi membuat blog. Tapi karena terburu-buru lantas terkirim ke nomor HP Ibu Ida. Saya pun buru-buru mau meralat. Saya merasa tidak nyaman.
    Ingin mendatangi rumah Ibu Ida. Tiba-tiba ada panggilan ternyata dari Ibu Ida. Lalu saya sampaikan soal kekeliruan itu. Ibu Ida maklum saja.” Tak apa-apa,” ujarnya.
    Tapi saya menjadi malu. Untung tidak tidak kata-kata jorok atau porno.
Kandangan, 25-08-2012   



TERSISIHKAN

Dalam beberapa hari ini saya merasa tersisihkan di tempat kerja. Seperti tak dianggap. Kalah bersaing. Ternyata pendidikan menentukan segalanya. Karena pendidikan tidak tinggi. Cuma tamatan Aliyah saja. Bukan sarjana. Saya merasa tersisihkan padahal sudah sekitar 8 tahun bekerja.
Sementara yang lain kerja masih hitungan bulan, belum genap setahun justru dianakemaskan. Karena memang mereka sarjana dan punya skill lebih. Juga soal gaji. Gaji saya malah sama dengan gaji mereka yang baru bekerja. Karena masih honorer. Saya terima ini apa adanya. Adilkah ini ?
Dampaknya saya mulai ogah-ogahan turun ke tempat kerja. Macam-macamlah alasan yang dibuat. Ternyata pendidikan zaman sekarang menentukan segalanya. Saya menyesal tidak kuliah. Tapi beginilah adanya saya sekarang. Saya dari keluarga kurang mampu. Tak ada dana untuk biaya kuliah. Untuk biaya hidup sehari-hari saja harus banting tulang peras keringat.
Gaji tak mencukupi. Tapi syukuri apa yang ada. Saya masih diberi kesehatan. Digunakan untuk beribadah dan bekerja. Jalani hari-hari dengan ceria. Jangan bermuram durja. Mungkin suatu saat nanti hidup saya akan berubah lebih baik lagi. Amin...

Kandangan, 12-09-2013


INDAHNYA PERSAHABATAN
 MELEBIHI ORANG YANG JATUH CINTA


Cinta itu ibarat bunga tertanam dari perkenalan, tumbuh karena pertemuan,
berkelopak karena kerinduan, berdaun karena pengorbanan,
bertangkai lewat pengertian, bersemi karena kesetiaan, berputik karena ketulusan,
berbunga karena kepercayaan, cinta akan layu karena kepalsuan
dan cinta akan mati melalui pengkhianatan
serta pergi karena keegoisan.....
dan....
persahabatan melebihi segalanya
tak seorang pun mengetahuinya
bahwa manisnya persahabatan lebih dari indahnya
bunga yang bermekaran
ku berharap agar persahabatan yang terjalin
tak pernah berakhir....
aku tak mesti disayang-sayang,
disuka-suka, aku cukup untuk tidak dibenci dan tak dilupakan
persahabatan itu tidak seperti cinta
cinta bisa layu
dan mati karena tidak adanya ketulusan

Kandangan, 21-09-2013

( Kiriman : Siti Rahmah S, Kelas IX E MTsN Angkinang )



M. SUBHAN HIDAYAT

M. Subhan Hidayat (14) biasa disapa dengan Dayat. Anak pertama dari dua bersaudara. Ayahnya seorang guru. Siswa Kelas VIII B MTsN Angkinang. Ia suka pelajaran IPS, IPA, dan olahraga.
Sepulang sekolah yang dikerjakannya mandi, shalat, dan makan. Sementara pada hari libur ia jalan-jalan . Malamnya belajar. Dayat shalat di langgar atau di rumah. Ia tinggal di Pangambau, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pergi sekolah naik mikrolet.
Langgar yang dekat dengan rumahnya, berjarak sekitar 900 meter adalah Langgar Miftahul Khair.
Saat berada di sekolah yang disukainya bermain dan belajar. Tayangan favorit di televise adalah On The Spot. Cita-citanya jadi tentara. Hobi bermain bola. Tinggi 145 cm dan berat badan 33 kg. Tidur jam 21.00 WITA. Bangun pukul 05.00 WITA.
Dayat pernah dimarahi orangtuanya karena tidak menuruti perintahnya. Bila melihat ada temannya yang dalam kesusahan Dayat berusaha membantunya. Ia pernah ke Palangka Raya dalam rangka berlibur.

Kandangan, September 2013


AKU DAN KOMPASIANA

    Apa sih manfaatnya menulis di Kompasiana itu ? Berapa dapat duit dari menulis di Kompasiana ? Pertanyaan itu selalu menggelayut dipikiran. Selalu ditanyakan rekan dan sahabat.
    Ikhlas menulis. Kepuasan batin. Karena hobi. Penuh perjuangan dalam menulis. Kenapa tertarik menulis di Kompasiana ? Karena hobi menulis. Sudah posting artikel / tulisan 90 lebih. Sejak 14 Maret 2013. Pendidikan mempengaruhi tulisan ? Karena saya ccuma lulusan Aliyah beginilah kualitas tulisan saya. Tidak seperti yang sarjana.
    Tetapi saya tidak berkecil hati. Saya akan terus menulis, menulis, dan menulis. Insya Allah suatu saat nanti tulisan saya kian berkualitas. Juga bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Serta lebih produktif. Kini seiring perkembangan waktu Kompasiana telah menjadi pilihan utama dalam menyalurkan bakat menulis saya.

Kandangan, 06-09-2013
SURAT SITI ZAHRA YUNDIAPI
    Sabtu, 8 Agustus 2009 saya menerima surat dari murid saya di MTsN Angkinang. Yakni Siti Zahra Yundiapi Kelas VIII D.
    Dengan Hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini
    Nama : Siti Zahra Yundiapi
    Kelas : VIII D
    Dengan surat ini memberitahukan bahwa saya tida bersedia menjadi calon Ketua OSIS MTsN Angkinang. Karena beberapa alasan sebagai berikut :
1.Saya sering terlambat ke sekolah karena sebab-sebab tertentu.
2.Sebelum atau sesudah saya pulang dari sekolah, saya sempat-sempatkan menolong orangtua saya terutama mengasuh adik. Jadi, saya tidak mungkin dapat aktif dalam kegiatan-kegiatan program organisasi ketua OSIS ini.
    Sekiranya ini saja yang dapat saya sampaikan, saya harap seluruh dewan guru MTsN Angkinang dapat memaklumi keadaan saya. Wassalammu’alaikum Wr. Wb. Hormat saya Siti Zahra Yundiapi. Yang mengetahui orangtua / wali Fahrudin.
BABACAAN DAN MAHAUL HJ IMAH

    Sabtu (14/09/2013) sore sekitar pukul 15.20 WITA saya bersama ibu saya pergi ke Tawia. Menghadiri acara mahaul Hj Siti Rasimah binti Ibus atau  Hj Imah. Acara dibalut dengan kegiatan babacaan di Masjid Jamiatul Faizin. Sebagai tuan guru yang berasal dari Pantai Hambawang, HST. Berakhir hingga pukul 16.00 WITA. Dilanjutkan dengan shalat Ashar.
    Usai shalat Ashar undangan ke rumah H Mardikani. Membaca surah Yasin dan tahlil lalu disuguhi makanan. Acara babacaan dihelat setiap hari Sabtu sore. Namun bergantian di tiga tempat. Yakni satu masjid dan dua langgar. Sudah berlangsung bertahun-tahun. Dengan tuan guru yang sama.
    Saat saya hadir saya merasa menjadi orang Tawia. Banyak juga jamaah yang hadir. Didominasi kaum laki-laki. Tema babacaan fiqh dan ibadah. Alangkah indahnya bila kegiatan seperti ini saya ikuti dengan rutin. Menambah amal ibadah dan pahala. Menjalin tali silaturrahmi.
Kandangan, 15-09-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)