Senin, 02 September 2013

SUDAHKAH INDONESIA MERDEKA ?

SELASA, 3 SEPTEMBER 2013



    Saya melakukan wawancara kecil-kecilan seputar kemerdekaan RI pada hari Kamis (15/08/2013) siang. Adapun yang menjadi narasumber adalah seorang warga Hulu Sungai Selatan bernama Muhammad Sayuti.
    Lelaki yang biasa dipanggil Sayuti ini banyak melontarkan kalimat bernas. Wawancara berlangsung beberapa menit dengan nuansa santai.
    Menurut Sayuti, sekarang banyak pejabat yang ada di Kalimantan orang luar. Sejak Kapolda, Danrem, dsb. Maksudnya bukan orang Kalimantan asli. Orang Kalimantan dianaktirikan.
    Di pedesaan Jawa jalan luas. Ada kereta api dan bus. “ Apakah otonomi sudah sepenuhnya dijalankan ?” tanya Sayuti.
    Untuk lingkup nasional, dulu Malaysia belajar ke Indonesia. Tetap kenapa sekarang Indonesia justru ketinggalan dengan Malaysia. Di Malaysia semuanya serba gratis. Pendidikan di Indonesia jauh tertinggal dengan Negara lain. Apalagi soal ekonomi. Malaysia dijajah Inggris untuk dibina. Sementara Indonesia dijajah Belanda benar-benar ditindas. Malah sumber daya alamnya dikuras habis. Indonesia pun semakin bodoh.
    Istana kerajaan emas. Perusahaan Indonesia dikuasai asing. Perusahaan batubara atasannya orang asing. Sekitar 20 %. Semua dikuasai asing.
    “ Aku bingung pemerintah kita kaya apa ?” ujar Sayuti.
    Rakyat sakit, pejabat enak. Kenapa korupsi di Indonesia merajalela ? Karena ada kesempatan. Juga pendidikan agama yang kurang. Kasarnya pemimpinnya kada baiman.***

Kandangan, 15-08-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...