Jumat, 03 Januari 2020

Saruan Maulid 1441 H di Rumah Abdul Wahab Panyaungan

Sabtu, 4 Januari 2020

Ahad (10/11/2019) pukul 09.00 WITA bertepatan dengan 13 Rabiul Awwal 1441 H dengan Ibu saya saruan peringatan Maulidirrasul 1441 H di rumah keluarga saya dari pihak Ibu, Abdul Wahab dan Dijah di Panyaungan, Longawang, Kecamatan Telaga Langsat.

Berjarak sekitar 4 kilometer dari Angkinang Selatan, tempat saya tinggal. Bersepeda motor, lewat jalan Pulantan, Sungai Hanyar, Mandampa, Pakuan Timur, dan Kamat. Dengan kondisi kendaraan tidak nyaman dirasakan, karena berbunyi, kampas yang baru ternyata kurang tepat dipasang.

Setibanya di sana saya parkir sepeda motor di halaman rumah tetangga Abdul Wahab, lalu bersalaman dengan tuan rumah dan undangan lainnya. Saya disuruh masuk ke dalam rumah. Di dalam rumah sudah ada pembacaan Syair Maulid Habsyi oleh Kelompok Habsyi, entah dari mana mereka berasal, yang diundang tuan rumah.

Saya disuruh menikmati wadai dan teh manis, tapi keburu berdiri. Saya dan undangan lainnya ikut berdiri, sebagaimana dilakukan Kelompok Maulid Habsyi. Setelah berdiri duduk kembali. Usai Habsyi undangan disuruh tuan rumah mengambil menu sesuai selera masing-masing di samping rumah.

Saya memilih menu ayam geprek. Usai makan, sambil menunggu ibu, saya duduk di kursi depan. Ada Adul Masimpan, keluarga saya, lama tak bertemu, saya bersalaman dengannya. Setelah bersalaman dengan undangan dan saya pulang sampai di rumah pukul 10.00 WITA. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)