Jumat, 03 Januari 2020

Diary : Basaruan Haji, Menikmati Pisang Bajarang, dan Bertemu Mahyudi

Sabtu, 4 Januari 2020

[AHAD, 07-07-2019]

>Usia shalat Subuh Lutfi Ipah basaruan selamatan naik haji Senin (08/07/2019) di rumahnya di Lukdalam Subuh Senin.

>Kucing remaja kaki belakang luka-luka dan berjalan pincang.

>Di rumah saja tidak kemana-mana seharian. Padahal undangan pangantinan banyak :  anak Imul Jawa, anak Irai Pulantan, dan Riki di Simpur.


[AHAD, 05-05-2019]

>Rizal memberitahu bubuhan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Hulu Sungai Selatan (HSS) jalan-jalan ke Kiram Park, Kabupaten Banjar.

>Akhirnya setelah sekitar 6 bulan tak bajalanan ke Labung Anak, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu siang sekitar pukul 14.00 WITA dengan Rizal kembali ke sana. Ada banyak perubahan yang saya lihat di sana, bangunan kios Hariadi dan Halimah tambah luas.

>Shalat Maghrib dan Isya di Langgar At Taubah RT 1 Desa Labung Anak, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

>Ada anak remaja Labung Anak latihan Habsyi usai shalat Isya.

>Setelah shalat Isya kami ke warung makan arah ke hulu dari Mapolsek Batara Ilung. Saya memesan nasi goreng dan teh es.

>Abrar, anak pasangan suami isteri Hariadi dan Halimah sudah bisa berdiri, batingkaung. Akrab dengan saya.

>Sari Mislawati tasampuk saat kami menuju ke Labung Anak tak menyapa. Mungkin lama tak bersua, jadi lupa.

>Ke Labung Anak dalam suasana kantong kering, kada baduit sajampal-jampal. Rizal yang menanggung semua. Dibelikan sirup Marjan Melon, hadapi bulan Ramadhan 1440 H.

>Rombongan anak muda asal Kelua, Kabupaten Tabalong, singgah di Kios Hariadi, mau bakimah di Gunung Titi.


 [AHAD, 01-12-2019]

>Pagi Ahad, Umanya Amud antar pisang manurun masak dan rambutan, kiriman Umanya Awi.

>Usia shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, di depan rumah Isum ada mobil dinas, ternyata H Syamsuri dan isteri, Camat Daha Barat, beli nasi. Mungkin untuk kegiatan syukuran makan bersama di Kandangan, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten HSS.

>Keinginan bila ada duit banyak. Menggapai semua mimpi yang ada. Bayar hutang anu Umanya Amud dan Nisa total Rp 520 ribu.

>Sekitar pukul 10.00 WITA ke Toko Danti Uat. Maambil beras KKS dan telor itik. Juga beli bensin 1 liter dilayani Danti dan lakinya.

>Menikmati pisang bajarang bagula pagi Ahad pukul 10.30 WITA. Nikmat sekali.

>Kuliah Maghrib di Langgar Al Kautsar malam Senin bersama Ustadz Sairaji. Menghormati orang yang lebih tua. Baapik baudu. Masuk rumah ucapkan salam dan baca Surah Al Ikhlas. Mengucapkan salam saat bertemu orang. Menghormati orang mulia dan bersalaman dengan mengecup tangannya. Ada yang lucu saat baca Arab Melayu. Mengucapkan zikir, jadi mengucapkan zakar.

>Hujan di hari Senin.

>NEWSMETROPOL – BULANANG – LAMPUNG POST – NUSANTARANEWS – BUANA KATA – MAJALAH SIMALABA – MEDAN POS – CAKRA BANGSA – FLORES SASTRA – ANALISA – RADAR CIREBON – RAKYAT SUMBAR – BANGKA POS – RADAR MALANG – WARTA LAMBAR – RADAR MOJOKERTO – KORAN MERAPI – RIAU POS – FAJAR MAKASSAR – KABAR MADURA – PALEMBANG EKSPRES – JURNAL ASIA – BERITA PAGI – LINI KINI


 [SABTU,  23 -11-2019]

>Pemberitahuan Bandi Puspa lewat pengeras suara Langgar Al Kautsar, untuk anggota urunan Yasinan, peringatan Maulidirrasul 1441 H malam Ahad di rumah Uat.

>Minum di sebuah warung depan Gedung Ning Bulan Simpur, disela-sela menyaksikan Lomba Paduan Suara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Dengan Ibu Dewi Nuzuliah, Musthapa Hadi, dan  Ibu Norhasanah. Ibu Dewi yang mambayariakan. Saya minum es satrup, untuk, dan tapai.

>Ketemu dan berbincang dengan Mahyudi asal Nagara. Sekarang ia Kepala Tata Usaha (TU) sebuah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Daha. Sama-sama pernah aktif menulis berita untuk Website Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan. Anggota Paduan Suara Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kemenag Daha. Mahyudi, memberitahu Sanwari Hidayat, guru PNS di sebuah Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Balangan. Yudi bertanya tentang saya yang ikut Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVI Tahun 2019 di Kabupaten Tanah Bumbu beberapa minggu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)