Selasa, 03 Februari 2015

Praktek Shalat Jumat di MTsN Angkinang

Rabu, 4 Februari 2015





            Siswa Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan praktek shalat Jum’at di Mushala Nurul Ilmi madrasah tersebut, Selasa (03/02/2015). Praktek mata pelajaran Fiqih ini diikuti dua kelompok. Satu kelompok terdiri 15 siswa. Dengan beragam tugas yang mereka bawakan. Ada yang jadi muadzin, imam, khatib, dan jamaah.

            H Saleh Suaidi, S.Ag, guru Fiqih MTsN Angkinang menyampaikan praktek shalat Jum’at ini upaya penyampaian  materi yang telah dijalankan. “ Selain itu siswa dituntut mengikuti satu persatu rangkaian praktek shalat Jum’at tersebut. Hal ini karena merupakan bagian dari pembelajaran. Mereka terlihat menjalani dengan cukup antusias,” ujar H Saleh Suaidi.

            Dikatakan H Saleh Suaidi, praktek shalat Jum’at ini selanjutnya akan diikuti seluruh Kelas VII. “ Mereka secara bergantian saat mata pelajaran Fiqih ditugaskan mengikuti praktek ini, “ ujar H Saleh Suaidi.

            M Yorizky Ilhanda, salah seorang siswa Kelas VII B mengaku praktek shalat Jum’at ini sangat penting dan bermanfaat. “ Karena usia saya sudah wajib menunaikan shalat Jum’at. Setiap Jum’at saya shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang. Dengan adanya praktek ini jadi semakin mantap lagi menjalankan shalat Jum’at,” ujar M Yorizky Ilhanda.

            Sementara Maimunah, diakuinya walau perempuan tidak shalat Jum’at, namun dengan adanya praktek ini sedikit banyaknya menambah ilmu dan wawasan seputar amal ibadah. “ Tak ada salahnya praktek ini diketahui. Walau hanya dijalankan kaum laki-laki tapi perempuan juga patut juga tahu,” ujar Maimunah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...