Senin, 15 Desember 2014

Lomba Busana Muslim Sasirangan HAB Kemenag

Selasa, 16 Desember 2014




            Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tampak meriah dari hari biasanya, Selasa (16/12/2014). Ruang Aula kantor tersebut terlihat penuh sesak dengan para pelajar beserta pendamping. Ditempat tersebut sedang digelar Lomba Busana Muslim Sasirangan se Kabupaten HSS. Acara ini digelar dalam rangka memeriahkan HAB Kemenag ke 69.
            Kegiatan diikuti peserta dengan tiga kategori yakni kategori Raudhatul Atfhal  (RA) sebanyak 19 peserta, Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 20 peserta, dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 25 peserta. Tiga dewan juri bekerja keras menilai peserta. Salah satunya adalah Henny Hayati, A.Ma, isteri Kepala Kantor Kemenag HSS, Drs H Matnor, M.Pd.
            Acara dibuka Ketua PGRI Cabang Khusus Kemenag Kandangan, Gazali, S.Ag, M.Pd.I. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua. Dalam upaya turut serta melestarikan khazanah kekayaan yang dimiliki Banua kita, Kalimantan Selatan yakni kain sasirangan. Selain itu sebagai ajang penjalin tali silaturrahmi sesama pelajar dilingkup Kemenag HSS. Selamat berlomba  sukses,” ujar Gazali.
            Gazali berharap lewat lomba ini lahir generasi yang peduli akan daerah. “Mencintai akan kekayaan banua adalah hal yang patut didukung. Saatnya kita turut serta melestarikannya dengan berbagai upaya. Salah satunya dengan menggelar lomba ini,” ujar Gazali.
            Rahmawati salah seorang penonton mengaku cukup senang menyaksikan acara ini. “Acaranya cukup ramai. Melihat anak-anak tampil memperagakan busana muslim sasirangan di depan umum. Apalagi saat anak-anak RA tampil mereka terlihat lucu dan kadang mengemaskan,” ujar Rahmawati yang seorang guru MI ini.
            Kedepan acara seperti ini, diharapkan Rahmawati terus berlanjut. “Sehingga nuansa daerah Banjar dalam setiap lomba yang digelar selalu eksis. Jangan sampai kita meninggalkan budaya daerah. Saatnya sekarang kita melestarikannya,” ujar Rahmawati. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)