Sabtu, 01 Oktober 2016

Kabupaten Hulu Sungai Selatan Memiliki Goa Mandala

Sabtu, 1 Oktober 2016




Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Baik tempat yang alami maupun buatan. Mempunyai keindahan dan daya tarik tinggi. Salah satunya adalah Goa Mandala di Kecamatan Telaga Langsat. Berjarak sekitar 8 kilometer dari Kandangan, Ibukota Kabupaten HSS.

Bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Kita harus melewati areal Pondok Pesantren Al Baladul Amin untuk sampai disana. Berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Goa Mandala berkedalaman atau panjang jarak yang ditempuh sekitar 800 meter. Dengan dipenuhi stalaktit dan stalakmit.

Menjadi hal yang patut dikunjungi baik petualang sejati atau yang penasaran dengan goa ini. Kondisi menggapai mulut goa cukup sulit. Karena rimbunnya semak belukar di kiri kanan jalan setapak.

Perlu perhatian pihak terkait agar mudah mencapainya. Kita harus membawa sinter dan obor untuk masuk ke dalam. Karena cahaya cukup gelap dan suhu udara yang tak menentu.

Di dalam goa selain disuguhi stalakmit dan stalaktit, kalau beruntung kita bisa bertemu dengan binatang seperti landak, ular piton, dan kelelawar. Ada dua jalur panjang yang akan kita lewati. Petualangan di Goa Mandala semacam adu nyali.

Sedikit menakutkan bila hanya satu dua orang masuk ke dalam goa tersebut. Sebaiknya secara rombongan. Misalnya lebih dari lima orang.

Kita akan terpuaskan setelah berhasil menyusuri goa sekitar sejam lebih. Kesan yang cukup menyenangkan. Dan mungkin akan berniat datang kembali kesana suatu waktu nanti. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...