Sabtu, 22 Oktober 2016

Siswa MTsN Angkinang Kunjungi Dua Museum

Sabtu, 22 Oktober 2016









Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kunjungi dua museum dalam sehari pada hari Rabu (19/10/2016).

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan MTsN Angkinang H Saleh Suaidi, S.Ag yang ikut mendampingi siswa dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kedua museum yang dikunjungi adalah Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru dan Museum Perjuangan Rakyat Waja Sampai Kaputing di Banjarmasin.

Menurut H Saleh Suaidi dari Angkinang mereka berangkat pukul 07.00 WITA, sampai di Banjarbaru lalu ke Museum Lambung Mangkurat. “Sejam berada disana, melanjutkan ke Banjarmasin, menuju Museum Perjuangan Rakyat Waja Sampai Kaputing Banjarmasin,” ujar H Didi, begitu panggilan akrabnya.

Dijelaskan H Didi, kunjungan ke dua museum merupakan bagian dari pembelajaran, dalam rangka menambah wawasan dan pengalaman baru terhadap khazanah budaya yang ada di Kalsel. “Terutama bidang sejarah dan budaya, siswa begitu antusias mengikuti kegiatan ini,” ujar H Didi.

Adanya museum dikatakan H Didi memperluas cakrawala, meningkatkan pengenalan dan pemahaman masyarakat terhadap koleksi-koleksi museum yang dipajang di ruang pameran tetap. “Sebagai sumber inspirasi bagi pelajar,” kata H Didi.

Salah seorang siswa yang ikut kegiatan Muhammad Ridho Arrijalul Aulia mengemukakan, ia baru pertama kali kesana, hanya pernah mendengar saja dari penuturan orang. “Tapi kali ini bisa datang langsung, adalah sebuah kebanggaan,” ujar Ridho begitu sapaan siswa tersebut.

Ridho menyebutkan, mereka melakukan kunjungan ke museum sebagai bahan referensi menulis mengikuti lomba blog pelajar se Kabupaten HSS. “Dimana melihat koleksi secara langsung yang berhubungan dengan materi tulisan,” ujar Ridho.

Ditambahkan Ridho, lewat museum turut melestarikan benda-benda peninggalan sejarah perjuangan bangsa. “Juga turut meneliti dan mengorganisasikan benda-benda sejarah perjuangan bangsa, dan menanamkan nasionalisme luhur sejarah perjuangan bangsa,” pungkas Ridho. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...