Selasa, 23 Februari 2016

Berharap Tidak Membuang Sampah di Laci Meja

Rabu, 24 Februari 2016




Kelas yang bersih merupakan dambaan semua pihak. Dengan adanya kelas  yang bersih akan menunjang kenyamanan dalam belajar di sebuah madrasah. Hal seperti inilah yang terlihat di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rabu (24/02/2016) pagi.

Kelas-kelas tampak   dibersihkan oleh siswa. Mereka bergiliran menyapu ruang  kelas. Sekitar 5 siswa setiap hari bergantian sesuai jadwal membersihkan  ruang kelas yang telah ada.

Seperti yang dilakukan Winda Prahesti, siswi Kelas VIII D MTsN Angkinang. “Saya kena giliran pada hari Rabu. Untuk itu saya datang lebih awal ke madrasah,” ujar Winda, begitu sapaan akrabnya.

Winda mengatakan hal itu dilakukan dengan tujuan menyapu ruang kelas yang kotor bersama siswa lain yang kena giliran. “Saya menggunakan sapu ijuk yang telah  disediakan pihak madrasah untuk menjalankan tugas tersebut, “ ujar Winda..

Yenni Jauharlatifah, siswi Kelas VIII D lainnya menyebutkan, tak jarang dilaci meja siswa ditemukan tumpukan bekas makanan dan minuman ringan. “Sampah itu lalu kami buang ke  tempat sampah yang sudah tersedia,” ujar Yenni, begitu sapaan akrabnya.

Menurut Yenni, walau agak berat, tapi itu harus dijalani karena sudah kewajibannya. “Kebiasaan itu  ditanamkan sejak saya masuk madrasah, ada rasa tanggung jawab untuk  membersihkan kelas,” ujar Yenni.

Sementara itu Norhasanah, S.Pd.I,  Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MTsN Angkinang, mengatakan kalau  saja kebiasaan membersihkan ruang kelas tertanam di seluruh siswa MTsN  Angkinang tentu madrasahnya akan terlihat nyaman dan bersih setiap hari. 

“Semoga kebiasaan membersihkan ruang kelas setiap pagi itu selalu  dilakukan dengan rasa ikhlas tanpa ada beban,” ujar Norhasanah.

Norhasanah berharap, siswa sadar untuk  membuang sampah pada tempatnya. “Jangan jadikan lagi laci meja sebagai  tempat sampah,” pungkas Norhasanah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...