Minggu, 07 Desember 2014

Siswa MTsN Angkinang Ikut ASKS XI

Senin, 8 Desember 2014




Prestasi membanggakan yang ditorehkan Noorul Hikmah, siswi Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang dibidang sastra selama ini, khususnya lomba baca puisi, membuatnya mendapatkan perhatian pihak terkait.
Salah satunya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Pihak Disparbud HSS menunjuk Noorul Hikmah sebagai salah satu peserta Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XI Tahun 2014 di Rantau, Kabupaten Tapin, tanggal 5 s.d 7 Desember 2014.
Noorul Hikmah berangkat bersama sastrawan HSS pada Jum’at (05/12/2014) sore dari Kandangan menuju Rantau. “Alangkah senangnya saya diikutkan pada ASKS XI. Mudahan bisa menambah pengalaman dibidang sastra,” ujar Noorul, begitu ia biasa disapa.
Disampaikan Noorul, beberapa rangkaian kegiatan dia ikuti bersama sastrawan lainnya dalam ASKS XI kali ini. “ Seperti Sastrawan Masuk Sekolah ke beberapa sekolah di kota Rantau. Lalu ceramah sastra yang menghadirkan pemateri dari para sastrawan lokal Kalsel maupun nasional. Selain itu ada pagelaran sastra perwakilan kabupaten / kota se Kalsel,” ujar Noorul.
Noorul pada Sastrawan Masuk Sekolah di MTsN 1 Rantau sempat membaca puisi berjudul Pada Suatu Hari karya (alm) Burhanuddin Soebely. “ Saya baca puisi dihadapan siswa MTsN 1 Rantau dan sastrawan yang ikut SMS di madrasah tersebut,” ujar Noorul.
Noorul juga merasa gembira mengikuti ASKS XI ini. “Karena bisa bertemu dengan ratusan sastrawan Kalsel. Juga sastrawan / penulis nasional yang sudah tidak asing lagi yakni Ahmadun Yosi Herfanda dan Abidah El Khalieqy,” ujar Noorul.
Wakamad Humas MTsN Angkinang, Abdurrahman, mengaku bangga ada anak didiknya mendapat kepercayaan mewakili HSS pada ASKS XI di Rantau. “Ini sebagai bentuk kehormatan yang diberikan kepada MTsN Angkinang, khususnya Noorul Hikmah untuk berpartisipasi dalam ajang terakbar sastrawan se Kalsel ini. Semoga Noorul bisa menimba ilmu sastra dari para sastrawan Kalsel maupun nasional,” ujar Abdurrahman.
Sementara itu Aliman Syahrani, salah seorang sastrawan HSS, menjelaskan ASKS adalah ajang rutin tahunan pertemuan akbar sastrawan Kalsel. “ASKS yang digelar di Rantau ini sudah yang ke XI. Sebelumnya ASKS I Tahun 2004 di Kandangan, ASKS II Tahun 2005 di Batulicin, ASKS III Tahun 2006 di Kotabaru, ASKS IV Tahun 2007 di Amuntai, ASKS V Tahun 2008 di Paringin Tahun, ASKS VI Tahun 2009 di Marabahan, ASKS VII Tahun 2010 di Tanjung, ASKS VIII Tahun 2011 di Barabai, ASKS IX Tahun 2012 di Banjarmasin, dan ASKS X Tahun 2013 di Banjarbaru. Insya Allah berdasar hasil rapat pleno untuk ASKS XII Tahun 2015 akan berlangsung di Kabupaten Banjar,” jelas Aliman Syahrani. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)