Selasa, 23 Juli 2013

TULISAN PANJANG

RABU, 24 JULI 2013

           
BERBEDA
            Beda ruang, beda biaya, beda pelayanan. Ini yang saya alami sendiri. Keluarga saya berada diruang biasa di RSUD Brigjend H Hassan Basery Kandangan.
            Satu kamar berisi 3 pasien. Ruang jadi kian sempit kala banyak keluarga pasien yang datang maupun menunggui.
            Fasilitas tentu terbatas. WC satu buah. Ada kipas angin. Kalau mau tidur harus berbagi tempat. Bisa mengatur ruang.
            Konsentrasi pasien dalam menjalani perawatan jadi terganggu. Kala keluarga pasien tak kebagian tempat tidur di dalam. Terpaksa out berada di pelataran rumah sakit. Resikonya rela digigit nyamuk dan kedinginan. Tentu hal ini tak mereka inginkan.
            Beda dengan ruangan VIP. Pelayanan cukup bagus. Sebanding dengan biaya yang mahal permalamnya. Di ruangan ada televise, lemari, WC, kulkas, dsb. Mirip ruangan hotel. Di dalamnya terang terus. Karena hanya ada satu pasien dan beberapa anggota keluarga yang menunggui.s
            Tapi apapun juga rumah sakit tetap rumah sakit. Senyaman-nyamannya di rumah sakit tetap tak senikmat di rumah sendiri juga. Beban mental harus dijalani.
Kandangan, 2011


JELANG RAMADHAN 1434 H
            Bulan suci Ramadhan 1434 H beberapa hari lagi. Suasana sudah terasa. Aktivitas terasa kian berkurang frekuensinya.
            Warga menyiapkan diri untuk bulan suci umat Islam tersebut. Tak terkecuali juga keluarga saya. Tapi saya apa adanya menghadapinya. Tidak seperti orang berdutit. Yang nyiapin ini-itu. Semisal beli gula, sirup, dsb.
            Karena kami keluarga kurang mampu. Jadi apa adanya saja. Yang penting usaha untuk memperbanyak amal ibadah sudah tertancap. Saya pingin puasa tunai sebulan penuh. Juga kegiatan lain seperti shalat Tarawih dan Tadarus Qur’an.
            Shalat fardhu lima waktu berjamaah. Jalin silaturrahmi semoga Ramadhan kali ini saya bias jalani dengan baik dan sukses. Raih kemenangan yang pasti.
Kandangan, 06-07-2013


KENAPA BERNOPOL DA ?
            Kenapa plat nomor polisi Kalimantan Selatan DA ? Bukan KS seperti provinsi lain Kalimantan : KH (Kalteng), KT (Kaltim), dan KB (Kalbar). Berarti Kalsel di istimewakan ? Apa sejarahnya hingga memakai nopol DA ?
Kandangan, 14-06-2013



PENCARI PAKIS
            Samsiwar (Iwar) sang ibu. Anaknya Ipil (10) dan Idit. Bertiga mencari pakis. Sembilan kilometer berjalan kaki. Karena jalan kaki membuat lelah. Mereka membawa bekal.
            Pedih dan suka menangis. Tempat curam dan terjal. Pakis dibagi lalu diikat untuk dijual 5-7 ikat paku. Tak sesuai dengan yang diharapkan. Pulang dengan tangan kosong. Mencari pakis sampai malam. Menahan rasa lapar seharian. Minum air sungai dengan wadah dari daun pisang.

Kandangan, 2012

SENDIRI
            Disini saya bebas melakukan apa saja. Hobi saya menyendiri. Saya akan merasa tenang dan damai bila sendirian. Bebas bergerak tanpa aturan. Tapi masih dalam koridor kebaikan.
            Sendiri itu tidak melulu enak. Karena kita makhluk social. Pasti membutuhkan teman / orang banyak. Tapi sekarang saya lagi butuh sendiri. Menenangkan pikiran. Mengingat perbuatan yang tidak baik yang pernah saya lakukan selama ini.
            Saya akan meninggalkannya. Dusta itu jelek. Bohong gitu tidak bagus. Saya tidak ingin lagi melakukannya. Dalam kesendirian ini saya berharap ada jalan kemabli ke jalan kebenaran. Stop maksiat !

Kandangan, 2012

SEANDAINYA SAYA JURNALIS
MEDIA KALIMANTAN
            Saya bermimpi jadi koresponden Media Kalimantan di Kandangan, HSS. Saya tau diri. Karena media saya milik H. Leman yang notabene berhubungan dengan Partai Golkar, PT Hasnur, Barito Putera, KONI Kalsel, dsb.
            Saya akan terjun ke lapangan. Ke pelosok-pelosok daerah d HSS. Cari bahan tulisan untuk berita maupun feature. Tentang jalan yang rusak. Sarana umum yang kurang memadai. Tentang seni budaya, wisata, dsb. Saya ingin HSS dikenal oleh dunia lewat tulisan saya.
Kandangan, 30-03-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...