Kamis, 04 Juli 2013

PARIWANTAN BANUA

JUM'AT, 5 JULI 2013

Menikmati Keindahan dan Kesederhanaan dengan Becak di Kota 1000 Sungai

Banjarmasin dan beberapa kota di Kalimantan Selatan, menjadi menarik bagiku, karena aku sempat bermukim beberapa bulan disana. Bukan kebetulan pula kalau ari-ariku ketika dilahirkan, telah dilarutkan eyang di sungai Amandit.

Tradisi melarutkan ari-ari itu telah lama sekali berangsur pudar. Konon katanya, tradisi itu dilakukan agar kelak anak yang lahir, menjadi perantau. Mungkin benar adanya. Aku kini terdampar dan mencari makan di Kalimantan Timur.


Kalimantan Selatan menyimpan sejuta pesona yang sulit dilupakan. Kalimantan Selatan dengan luas 38.744, 23 km2 memiliki ciri sendiri dan pesona alam yang khas. 



Kalimantan Selatan memiliki beberapa tempat menarik, yang tersebar di beberapa daerah. Mungkin jika ingin disebutkan satu persatu tempat-tempat menarik di Kalimantan Selatan, akan butuh buku panduan khusus. Setidaknya aku akan berusaha merangkum beberapa momen indah yang terekam setiap kali mudik. 

Salah satu tempat yang cukup mempesona terletak di kota kelahiranku, Kandangan. Loksado, daerah tujuan wisata yang menyejukkan jiwa sekaligus menantang adrenalin. Pemandangan Loksado begitu cantik dengan lekuk alam yang indah sekaligus menantang. Pecinta arung jeram tidak jarang datang berkunjung bahkan ada yang datang dari luar negeri.

Kuliner dari daerah Hulu Sungai juga mampu menggoyang lidah. Sebut saja, itik tanpa tulang di daerah Amuntai, amparan tatak, wadai Ipau Atau Ketupat Kandangan. Hmm... membicarakannya saja sanggup membuat air liur menetes. 

Bagi pecinta batu, Martapura menjanjikan surganya. Jalan-jalan di kota ini juga menjadi wisata spiritual bagi Muslim khususnya. Suasana khusyuk juga dipancarkan dari banyaknya menara masjid dan rombongan santri yang berlalu-lalang setiap harinya. Terang saja, karena cukup banyak Pondok Pesantren tersebar di kota ini.


Menceritakan tentang Kalimantan Selatan, tidak akan terlepas dari keberadaan suku Banjar. Adat-istiadat suku Banjar yang kental mewarnai keseharian penduduk. Terlebih lagi dalam kebersahajaan penduduk desa, kampung halamanku.

Terlepas dari kisah kerinduanku tentang semua yang ada di Kalimantan Selatan, Banjarmasin adalah bagian penting dari Kalimantan Selatan. Karena di Banjarmasin lah pusat pemerintahan dan perdagangan provinsi Kalimantan Selatan. 
 

Bagi pedagang, Banjarmasin punya Copy Tanah Abang. Pasar Ujung Murung namanya.  Harga barang-barang disana murah dan menawarkan kemudahan bagi reseller dari berbagai kota di Kalimantan. Satu hal yang perlu diingat, kebanyakan pedagang, baik di kota Banjarmasin apalagi di pedesaan di Kalimantan Selatan, lebih pandai berbahasa Banjar.

Jika berkunjung ke Banjarmasin dan kota di sekitarnya, sempatkan naik becak. Sarana Transportasi yang satu ini masih setia menemani penduduk. Harganya murah meriah dan menikmati perjalananpun jadi mengasikkan.

Silahkan mencoba pesona kota 1000 sungai dan daerah di sekitarnya, cukup mengasikkan dan sulit terlupakan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...