Selasa, 23 Juli 2013

PROSES BIROKRASI

RABU, 24 JULI 2013

  MENGURUS PERPANJANGAN
 SIM DI KANDANGAN

Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman bagaimana rasanya memperpanjang SIM di salah satu kota di Kalimantan Selatan yaitu di Kota Kandangan tepatnya kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Nah, untuk memperpanjang SIM biar urusan kalian lancar, ada baiknya mempersiapkan hal-hal berikut sebelum memasuki ruang pelayanan perpanjangan SIM.  Lalu apa aja sih yang perlu dipersiapkan. Ok check it out:
1. Fotokopi SIM (bolak-balik)
2. Fotokopi KTP yang masih berlaku (bolak-balik); dan
3. Surat keterangan sehat dari dokter (bisa di ambil di Puskesmas atau rumah sakit terdekat)
4. Map
Jika semua persyaratan di atas sudah dipersiapkan, masukan semua berkas tersebut ke dalam map biar kelihatan rapi waktu berurusan. Ok, sekarang kalian bisa pergi ke kantor Polres di Kandangan, Ingat!!! Selalu nyalakan lampu dan pasang helm sampai ke tempat tujuan.

Selanjutnya begitu sampai di ruang pelayanan SIM. Serahkan langsung berkas tadi ke loket Pelayanan SIM yang disediakan. Tunggu sampai kalian di panggil kembali untuk mengambil formulir perpanjangan SIM. Jika sudah di panggil segera ambil formulir da nisi dengan teliti. Oh iya pengisiannya dengan huruf KAPITAL ya biar jelas nanti di bacanya. Nah jika sudah, kembali serahkan formulir tersebut. Nanti akan dipanggil lagi untuk yang kedua kalinya untuk melengkapi persyaratan administrasi.

Setelah kalian dipanggil dan mengambil berkas yang isinya administrasi pembayaran. Selanjutnya pergilah ke Bank BRI. Eiiitss.. jangan berpikiran (umaaaaa jauuhnyaa, lapahnya pulang ka Bank BRI segala) deket kok, malah lebih dekat lagi.. ya iyalah orang banknya aja juga di dalam ruangan tersebut. Nah jadi jika sudah ketemu ruangan tersebut serahkan aja bukti adminitrasi pembayaran. Biaya yang harus dikeluarkan untuk memperpanjang SIM ini hanya Rp. 75.000,00- saja.. murahkan?!

Kemudian, setelah melakukan pembayaran. Kalian mesti di sidik jarinya. Ruangan penyidikan jari ini juga berdekatan dengan tempat di mana kiita membayar administrasi. That’s right, it is behind you… Go ahead! Tanpa menunggu langsung aja samperin si bapak penyidik jari (sorry ya pak gak tau istilahnya sih hehehe) di sana kalian akan di sidik sebanyak sepuluh jari menggunakan tinta stamp. So, persiapkan tissue sebanyak-banyaknya ya.

Selesai di sidik kalian akan di arahkan untuk menyerahkan berkas ke ruangan ujin teori. Hah..?! Ujian teori..??? tes lagi donk!!! Tenang-tenang di sini kalian cuma di cek aja kok kelengkapan berkasnya. Yang di uji itu hanya diperuntukkan bagi peserta yang ingin membuat SIM baru bukan yang sedang memperpanjang SIM… hehehe.

Ok Selanjutnya, kalian akan di foto. Masuklah ke ruangan loket 2 yang melayani foto SIM. Sebelum di foto ada baiknya kalian dandan dulu biar nantinya foto di kartu SIM kelihatan cakep gituuwh.. ciiiyyeeee….(wah lebayy). Selesai di foto kalian akan diminta untuk memberikan sidik jari dan tanda tangan menggunakan mesin virtual. Selesai?? Belum masih ada satu tahap lagi yang harus di lalui. Kembali lagi ke ruangan ujian teori dan serahkan berkas yang sudah dilengkapi… tunggu lagi di ruang tamu sambil nonton TV. Tak berapa lama kalian akan dipanggil dan mendapatkan SIM baru. Udah gituwh aja. Selesai.. mudahkan?? Owh iya waktu yang dibutuhkan lkira-kira selama 2 jam lebih hingga semua urusan selesai jadi pesan penulis bawa banyak-banyak perbekalan, jangan lupa charge hape kalian biar gak kebosanan sambil menunggu-dan menunggu.***

Sumber : Restu Fajar Perdana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...