Jumat, 05 Juli 2013

HABAR HULU SUNGAI SELATAN

SABTU, 6 JULI 2013

BALTHASAR KAMBUAYA BERKUNJUNG KE KANDANGAN 



Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs Achmad Fikry  menyambut kedatangan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia (RI) Dr Balthasar Kambuaya MBA di Halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Kandangan, Selasa (2/7) pagi.
 
Kedatangan Balthasar   dalam rangkaian kunjungan kerja  sekaligus meresmikan pengunaan Biogas dan Instalasi Penggunaan Air Limbah (IPAL) di lingkungan Ponpes Darul Ulum Kandangan. Sebelumnya, Ponpes mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 568.485 juta untuk menyelesaikan pembangunan Biogas dan IPAL.
 
Bupati HSS Drs Achmad Fikry, dalam sambutannya mengatakan, pembangunnan Biogas dan IPAL yang dibangun sejak tahun 2012   saat ini sudah selesai. Selain itu hasil dari pembangunan tersebut juga sudah dapat dipergunakan dengan baik.
 
Menurut Achmad Fikry, keberadaan IPAL dan Biogas yang ada saat ini berperan sebagai percontohan, yang sekaligus untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Sungai Amandit Bebas Jamban Tahun 2014 mendatang. Untuk mendukung kegiatan tersebut, maka dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Lingkungan Hidup, pada tahun anggaran 2013 ini, pemerintah akan membangun ruang terbuka hijau di sepanjang Bantaran Sungai Amandit.
Masih menurut Achmad Fikry, dalam mendukung semua program LH, pemerintah daerah melalui Dinas LH Tatakota dan Perdesaan Kabupaten,  sudah melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah yang ada di kabupaten untuk menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan (Adiwiyata). Hasil dari pembinaan tersebut tercatat pada tahun 2012 ada satu sekolah dasar yang telah berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata.
 
Dijelaskan Achmad Fikry, sebelumnya Kota Kandangan termasuk yang sangat kotor. Namun, dengan adanya Gerakan Kandangan Bersih dan Hijau, maka secara otomatis berubah menjadi salah satu kota terbersih di Kalimantan Selatan.   
 
Ditempat yang sama, Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia (RI) DR Balthasar Kambuaya MBA yang juga memberikan sambutannya mengatakan, apa yang di lakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten HSS sangat luar biasa. Oleh sebab itu, langkah-langkah yang sudah dilakukan harus tetap dipertahankan.  “Pemerintahan yang bagus, adalah pemerintahan yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap lingkungan,” ujarnya.
 
 Usai memberikan sambutannya, Balthasar Kambuaya juga melakukan penanaman pohon di halaman Pondok Pesantren Darul Ulum Kandangan.***
 
Sumber : Radar Banjarmasin
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar